Catatan KPU Riau, Partisipasi Warga Pekanbaru Gunakan Hak Pilih 84 Persen di Pemilu 2019

Catatan KPU Riau, Partisipasi Warga Pekanbaru Gunakan Hak Pilih 84 Persen di Pemilu 2019

29 Mei 2023
Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir. Foto: Surya/Riau1.

Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Partisipasi warga Pekanbaru ternyata cukup tinggi pada Pemilu 2019, mencapai 84 persen. Partisipasi warga dalam menggunakan hak pilih yang tinggi ini harus tetap dipertahankan pada Pemilu 2024.

Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir sebelum pembukaan Kirab Pemilu di Pekanbaru, Minggu (28/5/2023), mengatakan, Kirab Pemilu adalah kegiatan nasional yang digelar di 8 titik di seluruh Indonesia. Riau merupakan salah satu titik perjalanan Kirab Pemilu

"Hari ini, kami sandingkan 18 bendera partai politik peserta Pemilu," ujarnya. 

Kirab Pemilu sudah bergerak di titik nol Indonesia di pulau Sabang, Aceh, sejak 14 Februari 2022 lalu. Rombongan Kirab Pemilu dari Kalimantan, Kepri, Maluku diperkirakan tiba di Jakarta sebelum 14 Februari 2024. Target Kirab Pemilu adalah meningkatkan partisipasi pemilih setinggi mungkin. 

"Pada Pemilu 2019, partisipasi pemilih cukup tinggi. Catatan KPU Riau, partisipasi pemilih di Pekanbaru mencapai 84 persen," ungkap Ilham. 

Partisipasi warga Pekanbaru jauh lebih tinggi dibandingkan Pemilu 2014 lalu. Mudah-mudahan, tingkat partisipasi pemilih ini bisa dipertahankan. 

Kegiatan sosialisasi Pemilu akan digelar selama 7 hari di Pekanbaru. Setelah itu, Kirab Pemilu akan diarak ke Kabupaten Kampar. 

Usai dari Kampar, Kirab Pemilu diserahkan ke rekan-rekan KPU di Sumatera Barat, tepatnya di perbatasan Kabupaten Limapuluh Kota. Dari Sumatera Barat, Kirab Pemilu akan dilanjutkan ke Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, dan berakhir di Jakarta. 

"Kami imbau warga Pekanbaru agar dapat memeriahkan tahapan Pemilu ini yang akan dilaksanakan selama sepekan," ucap Ilham.