Raja Juli Antoni Tak Ingin Sesumbar Melenggang dari Riau ke Senayan

Raja Juli Antoni Tak Ingin Sesumbar Melenggang dari Riau ke Senayan

5 November 2023
Wamen ATR/BPN yang juga Sekjen PSI Raja Juli Antoni di Pekanbaru, Minggu (5/11/2023). Foto: Surya/Riau1.

Wamen ATR/BPN yang juga Sekjen PSI Raja Juli Antoni di Pekanbaru, Minggu (5/11/2023). Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Raja Juli Antoni, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tak ingin sesumbar bisa melenggang bebas menjadi DPR RI. Pasalnya, calon wakil rakyat dari Riau cukup banyak yang senior dengan jam terbang tinggi. 

"Kami berharap PSI akan lolos parliamentary threshold (ambang batas parlemen) pada Pemilu 2024. Melihat kecenderungan survei saat ini,  kami akan mendapatkan ambang batas parlemen 4 persen," kata Raja Juli dalam bincang santai di Dhapu Koffie Sudirman, Pekanbaru, Minggu (5/11/2023). 

Karena, parliamentary treshold itu merupakan suara sah nasional. Perolehan kursi DPR RI itu tergantung pertarungan elektoral di tiap daerah pemilihan (dapil). 

"Pertanyaannya, lolos parliamentary treshold dengan berapa kursi? Kalau kami melihat rekam jejak partai-partai di parlemen, yang paling bawah adalah PPP dengan 19 kursi. Minimal 20 kursi itu yang harus kami capai," ucap wakil menteri (wamen) Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) ini. 

Salah satu kursi DPR RI itu ada di Riau. Meski begitu, Raja Juli tak mau ada kesan berkompetisi dengan para senior di Riau. 

"Saya hanya ingin melengkapi atas kebaikan yang dilakukan para senior. Saya hanya bisa menambahkan energi baru dari dapil Riau. Perlu tenaga yang lebih muda dan energik, mungkin saya bisa membantu," tutur Raja Juli. 

Agar, wakil Riau dari Dapil Riau I yang berjumlah 7 orang, ada yang muda dan energik dengan latar belakang periset, pendidikan, dan sekjen partai politik. Raja Juli juga punya banyak relasi di Jakarta.

"Saya mungkin akan membantu menyempurnakan tujuh orang yang sekarang mewakili rakyat Riau di Dapil Riau I. Dengan doa, kerja keras, kerja ikhlas, dan kerja tuntas, mudah-mudahan dapat kursi di parlemen," harapnya. 

Raja Juli menilai, semua pesaing berat, lebih senior dan memiliki jam terbang yang tinggi di Riau. Para senior itu juga punya visi dan gizi. 

"Jadi, tidak ada pesaing yang ringan. Semua wakil dari Riau hebat-hebat," puji Raja Juli.