Zul Asdi, Caleg PKB dari Riau Ingin Maju ke Senayan

Zul Asdi, Caleg PKB dari Riau Ingin Maju ke Senayan

14 Januari 2024
Dokter Zul Asdi, Caleg DPR RI dari Partai PKB nomor urut 4 Dapil Riau I. Foto: Surya/Riau1.

Dokter Zul Asdi, Caleg DPR RI dari Partai PKB nomor urut 4 Dapil Riau I. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dokter Zul Asdi, SPB, M Kes, MH, berniat maju ke DPR RI dalam Pemilu 2024. Calon legislatif (Caleg) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) nomor urut 4 ini ingin memperbaiki pembiayaan dan regulasi di bidang kesehatan. 

"Saya ingin maju ke Senayan. Yang menjadi perhatian saya adalah pembiayaan dan regulasi bidang kesehatan di Indonesia," kata Dokter Zul Asdi, caleg DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) I Riau ini dalam bincang santai di Sultan Resto, Pekanbaru, Minggu (14/1/2024). 

Ia berpikir bahwa kesehatan dan pendidikan sama halnya otak dan jantung. Negara harus berkonsentrasi pada kesehatan dan pendidikan. Jika warga pintar dan sehat, otomatis akan kuat secara ekonomi. 

"Saya pernah menjabat Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pekanbaru selama dua periode. Kemudian, saya juga mengemban sebagai ketua dua periode di IDI Riau dan pengurus IDI pusat," ujar Dokter Zul Asdi.

Ia juga pengelola Forum Komunikasi Dokter Indonesia. Dari pengalaman di forum ini, timbul keinginannya untuk mencoba merespon permasalahan di bidang kesehatan. 

Loading...

"Saya ingin memperbaiki regulasi dan pembiayaan bidang kesehatan. Menurut saya, pemerintah harus meningkatkan APBN dan APBD untuk kesehatan di atas 10 persen," ucap Dokter Zul Asdi. 

Saat ini, porsi anggaran kesehatan di APBN hanya 5 persen dan APBD 10 persen. Pada Undang-Undang Kesehatan Nomor 17 Tahun 2023, porsi anggaran kesehatan jadikan nol persen di APBN. 

"Kalangan dunia kesehatan tak habis pikir dengan regulasi baru itu. Karena, masyarakat butuh pelayanan kesehatan. Meski dikatakan, ada mekanisme lain yang mengatur itu," sebut Dokter Zul Asdi.