1 Polres di Riau Raih Penghargaan Ombudsman

1 Polres di Riau Raih Penghargaan Ombudsman

20 Desember 2023
Kepala Ombudsman Riau Bambang Pratama. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Ombudsman Riau Bambang Pratama. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Polres Pelalawan meraih Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik dari Ombudsman RI. Polres lain tak mendapat penghargaan karena berbagai hal. 

"Pimpinan atau setingkat pimpinan tidak ada di tempat saat wawancara itu mempengaruhi nilai. Saat kami datang untuk proses wawancara, pimpinan atau pengawas pelaksana tidak ada di tempat. Ini hanya masalah komitmen saja," kata Kepala Ombudsman Riau Bambang Pratama di Hotel Premiere, Selasa (19/12/2023). 

Kalau dari segi sarana dan prasarana, justru polres di tingkat kota lebih bagus. Namun, pengisian dokumen yang dibutuhkan dan lainnya belum dipenuhi. 

"Testimoni masyarakat juga tak terlalu bagus," ujar Bambang. 

Diberitakan sebelumnya, Ombudsman Riau membagikan sertifikat penghargaan dan rapor pemerintah daerah (pemda) dan instansi vertikal atas Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Hotel Premiere Pekanbaru, Selasa (19/12/2023). Hasil penilaian, masih ada lembaga vertikal yang meriah nilai C dan D. 

"Hari ini, kami menyampaikan sertifikat penghargaan dan rapor kepada 12 pemerintah kabupaten dan kota serta Pemprov Riau. Penyelenggaraan pelayanan publik sudah berada di zona hijau yaitu tinggi dan tertinggi," kata Kepala Ombudsman Riau Bambang Pratama usai penyerahan penghargaan. 

Sedangkan kategori polres, hanya satu meraih nilai B yakni Polres Pelalawan. Polres lainnya meriah nilai C dan D. Sedangkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) di kabupaten/kota meraih nilai B dan A. 

"Mudah-mudahan, lembaga vertikal ini bisa mengikuti perbaikan yang dilakukan oleh pemerintah daerah. Sehingga, kita masuk zona hijau pada tahun depan," harap Bambang.