Gubri Optimis Zakat Bisa Turunkan Kemiskinan di Riau

Gubri Optimis Zakat Bisa Turunkan Kemiskinan di Riau

23 Mei 2019
Gubernur Riau, Syamsuar (foto: azhar/riau1.com)

Gubernur Riau, Syamsuar (foto: azhar/riau1.com)

RIAU1.COM - Gubernur Riau, Syamsuar optimis dengan pengelolaan zakat yang baik oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, perlahan akan mampu mengikis jumlah masyarakat miskin di Bumi Lancang Kuning.

Hal itu diuraikannya saat memimpin rapat koordinasi zakat dan iftitah gerakan masyarakat Riau berzakat di Gedung Daerah, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Kamis 23 Mei 2019.

Mantan Bupati Siak dua periode itu optimis, lantaran mendengar survei 10 tahun terakhir, mengatakan potensi zakat di Indonesia bisa mencapai Rp230 triliun.

"Kalau gerakan ini (zakat) secara masif kita gerakkan, saya yakin jumlah warga miskin di Riau bisa kita kurangi," kata Syamsuar.

Dampaknya, Syamsuar melanjutkan, zakat akhirnya akan membantu kinerja pemerintah daerah dalam memberantas kemiskinan.

Loading...

Menurutnya, itu karena tidak semua program yang direncanakan dapat ditanggulangi oleh pemerintah daerah akibat tidak termasuk dalam perencanaan anggaran.

"Akhirnya zakat akan membantu tugas pemerintah daerah. Karena dari segi penganggaran, banyak yang tidak bisa kita kerjakan. Sehingga, setiap pemimpin daerah diharapkan gencar mensosialiasikan zakat pada masyarakat," tuturnya.

Syamsuar pun berharap, dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat Riau terurama para wajib zakat atau muzaki kepada Unit Pungumpul Zakat (UPZ) dan Badan Amil Zakar (BAZ) resmi.

 

Penulis: Azhar/R1