Usai Temui Kemenkeu RI, DPRD Riau Imbau Pemprov Segera Tuntaskan Laporan Agar DAK Tidak Hangus

Usai Temui Kemenkeu RI, DPRD Riau Imbau Pemprov Segera Tuntaskan Laporan Agar DAK Tidak Hangus

18 Juli 2019
Wakil ketua DPRD Riau, Sunaryo

Wakil ketua DPRD Riau, Sunaryo

RIAU1.COM - DPRD Riau sudah mendatangi kementerian keuangan (Kemenkeu) terkait dana alokasi khusus (DAK) Riau dan beberapa daerah di Riau yang terancam hangus.

Hasilnya, DPRD telah meminta pemerintah pusat agar tetap komit untuk menyalurkan DAK dan dana alokasi umum (DAU) ini ke Riau.

"Kita sudah mendatangi Kemenkeu dan hasilnya, kita meminta pusat komit menyalurkan DAK ini," kata Wakil Ketua DPRD Riau, Sunaryo, Kamis 18 Juli 2019.

"Sebab, jika tidak disalurkan DAK ini akan menganggu pembangunan di Riau. Apalagi dana itu sudah dialokasikan pada OPD tertentu tapi uangnya tidak ada," terangnya.

Sunaryo juga meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan daerah agar segera menyelesaikan admnistrasi dan laporannya. Karena jika sudah dipenuhi, tidak ada alasan pusat untuk tidak menyalurkanya.

Loading...

"Kasihan itu masyarakat kita yang tidak tahu DAK dan DAU sudah turun atau tidak. Jadi sangat besar sekali pengaruhnya," sebut Politis Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Seperti yang diketahui, Kepala Kanwil DJPb Riau, Tri Budhianto mengatakan, DAK fisik tahun 2019 Riau senilai Rp1,8 triliun dari pagu Rp1,94 triliun terancam hangus.

Pasalnya, hingga tahap I realisasi penyaluran DAK oleh pemda mulai dari tingkat provinsi, kabupaten dan kota, baru menyentuh angka 7,19 persen atau setara dengan 140,18 miliar dari total pagu. Sementara itu batas pengajuan DAK fisik tahap I sampai 22 Juli 2019.