Kabut Asap Makin Parah, DPW PKS Riau Buka Posko Pengungsian

Kabut Asap Makin Parah, DPW PKS Riau Buka Posko Pengungsian

13 September 2019
Sejumlah masyarakat berada di Posko DPW PKS Riau untuk berlindung dari kabut asap yang kian pekat menyelimuti Kota Pekanbaru (foto: dok/riau24group)

Sejumlah masyarakat berada di Posko DPW PKS Riau untuk berlindung dari kabut asap yang kian pekat menyelimuti Kota Pekanbaru (foto: dok/riau24group)

RIAU1.COM - Kondisi kabut asap yang kian parah menyelimuti Riau, khususnya Kota Pekanbaru, membuat masyarakat kian resah dengan kesehatannya yang rentan terpapar penyakit gangguan pernafasan.

Menyikapi hal itu, DPW PKS Riau mengambil langkah dengan mendirikan posko untuk seluruh masyarakat Kota Pekanbaru yang ingin terhindar dari paparan kabut asap.

Posko yang sudah dibuka sejak Kamis 12 September 2019 sore kemarin itu, menggunakan gedung Markaz Dakwah DPW PKS Riau yang berada di Jalan Soekarno Hatta (Arengka I), Kota Pekanbaru.

Ketua Posko PKS, Susilo Harjo mengatakan, sudah ada puluhan masyarakat yang datang dan menginap di posko tersebut, terutama, ibu hamil, ibu menyusui, balita, anak-anak dan juga lansia.

"Di posko ini kita juga menyediakan sarana kesehatan, obat-obatan, serta konsumsi, mulai dari sarapan, makan siang dan makan malam untuk masyarakat yang datang ke posko," ujarnya.

"Ruangan-ruangan yang ada di Markaz Dakwah ini, kita sulap menjadi kamar-kamar untuk masyarakat yang ingin tinggal di posko sementara waktu," ucap Susilo kepada Riau1.com, Jumat 13 September 2019.

Loading...

Ia menjelaskan, untuk konsumsi dan segala keperluan yang ada di posko ini merupakan sumbangsih dari lembaga-lembaga yang bekerjasama dengan PKS, termasuk dari kader-kader dan simpatisan.

"Selain itu, kita juga memiliki kendaraan untuk masyarakat yang tidak bisa datang langsung, akan kita jemput dan juga kita antar pulang kembali setelah kabut asap reda," jelasnya.

Masih kata Susilo, posko ini akan dibuka sampai kabut asap di Kota Pekanbaru hilang dan masyarakat bisa kembali beraktivitas seprti biasanya.

"Tidak hanya di Kota Pekanbaru, sejumlah DPD PKS di Riau juga membuka posko, salah satunya di Bengkalis yang poskonya sudah dibuka sejak tadi malam," pungkasnya.