Kesembuhan Pasien Positif Covid-19 Riau Tertinggi Kedua di Indonesia, Jubir: Jangan Euforia

Kesembuhan Pasien Positif Covid-19 Riau Tertinggi Kedua di Indonesia, Jubir: Jangan Euforia

4 Juni 2020
dr Indra Yovi (net)

dr Indra Yovi (net)

RIAU1.COM - Tingkat kesembuhan pasien positif Covid-19 di provinsi Riau tertinggi kedua di Indonesia. Yang mana mencapai 82,05 persen. Sementara provinsi Aceh memiliki tingkat kesembuhan tertinggi dengan 85.00 persen.

Menanggapi hal baik tersebut, gugus tugas penanganan Covid-19 provinsi Riau mengatakan bahwa kita belum bisa memastikan karena harus ada penelitian lanjutan. 

"Kita tidak bisa pakai asumsi, ini karena ini (faktor). Itu multi faktor dan butuh penelitian lebih lanjut dan dalam. Memang kita lihat tadi (grafik dari Kominfotik Riau) Aceh nomor satu, itu jumlah pasien positifnya cuma 20 orang. Nah Riau, dengan jumlah kasus 117 pasien, itu juga tidak terlalu banyak dibandingkan provinsi lain. Termasuk delapan besar paling sedikit," papar jubir Covid-19 Riau dr Indra Yovi.

Mungkin saja tambah dia, provinsi Riau tidak mendapatkan kasus positif yang berat, tapi jumlah meninggal di Riau ada. Dan jumlah pasien dalam perawatan (PDP) ujar dia cukup banyak, walau terbukti hasil Swab negatif.

"Tapi hasil Swab pada PDP, kan hasil Swab harus dua kali negatif baru dikatakan bukan Covid-19. Ada di beberapa kasus PDP, pasien yang di Swab sekali lalu meninggal," ujarnya lagi.

"Saya bersyukur banyak pasien sembuh mencapai 82 persen itu, tapi kita tidak boleh juga berbuat seenaknya dan  beraktivitas seperti biasa tanpa Covid-19. Dengan angka itu, harusnya kita lebih kuat lagi mempertahankan itu, minimal dengan pakai masker.Memang angka itu bagus harus kita syukuri namun bukan sesuatu hal yang  harus kita euforia dan yang harus kita rayakan berlebihan," pungkasnya.