Tidak Hanya PDP, Di Riau ODP Covid-19 juga akan di Tes Swab

Tidak Hanya PDP, Di Riau ODP Covid-19 juga akan di Tes Swab

9 Juni 2020
Lab biomolekuler RSUD Arifin Achmad

Lab biomolekuler RSUD Arifin Achmad

RIAU1.COM - Pada awal pekan ini Laboratorium Biomolekuler Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad sudah mampu melakukan pemeriksaan 450 sampel setiap harinya.

"per hari ini, kapasitasnya sudah naik menjadi 450 sampel per hari. Tadinya hanya 150 sampel per hari," kata dr Indra Yovi jubir penanganan Covid-19 provinsi Riau, Senin 8 Juni 2020.

Lalu, tes swab PCR yang tadinya hanya fokus untuk pasien dalam pengawasan (PDP), maka ke depan orang dalam pemantauan (ODP) juga akan dilakukan tes swab PCR.

"Dan sesuai dengan kebijakan dari pemerintah provinsi, fokus untuk dilakukan PCR akan bertambah dari awalnya cuma PDP, serta Covid dan kontak erat pasien Covid-19, minggu ini akan bergeser ke ODP," ujarnya.

Lalu sambung dia, dengan itu maka diharapkan provinsi Riau bisa memenuhi syarat untuk menuju new normal atau kenormalan baru dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Jadi harapannya, semua ODP akan dilakukan pemeriksaan PCR bukan hanya rapid tes saja. Sehingga dengan ini, kita bisa memenuhi syarat untuk melakukan kegiatan dalam tatanan new normal," pungkasnya.