Pemprov Riau Belum Bisa Pastikan Kapan Sekolah Dibuka

Pemprov Riau Belum Bisa Pastikan Kapan Sekolah Dibuka

10 Juni 2020
Gubernur Syamsuar (int)

Gubernur Syamsuar (int)

RIAU1.COM - Masyarakat banyak terus mempertanyakan kepastian kapan waktu sekolah akan dibuka lagi. Menanggapi hal tersebut, Gubernur Riau, Syamsuar mengaku masih menunggu keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

"Jadi Pemprov Riau masih menunggu keputusan dari Kemendikbud. Bagaimana nantinya mekanisme dan jadwal belajar mengajar dengan kondisi pandemi corona saat ini," kata Syamsuar, Selasa 9 Juni 2020.

Pasalanya, sambung dia, masih menunggu keputusan pemerintah pusat. Sebab itu pemerintah provinsi belum memutuskan kapan proses belajar di sekolah kembali dibuka di tengah pandemi Covid-19.

Selain itu, sejumlah sekolah juga memang diliburkan karena jadwal ujian telah selesai, "Sebagian sekolah sudah ada yang libur karena sudah selesai ujian," ucap Syamsuar.

Dia juga mengakui belum mengetahui mekanisme proses belajar mengajar dalam kondisi pandemi Covid-19 nantinya. Sebab kata dia, bisa jadi antar siswa harus diberi jarak dalam kelas, hingga pembagian jadwal masuk bagi siswa.

"Jika dibuat jarak, tentu ada dua gelombang masuk pagi dan siang. Tentunya ada keterbatasan soal jumlah guru. Makanya kita masih menunggu keputusan pusat," ujarnya.

Sedangkan soal untuk penerimaan siswa baru, Syamsuar menyebutkan tetap dilaksanakan di semua tingkatan sekolah. 

Plt Kadis Pendidikan Riau Kaharuddin mengatakan penerimaan siswa baru untuk SMA akan dimulai 17 Juni sampai 25 Juni. Sistem zonasi disebutnya tetap berlaku.

"Penerimaan siswa baru kita laksanakan dengan menggunakan sistem online dan masih tetap menggunakan sistem zonasi," kata Kaharuddin.**