Semua Kabupaten/Kota di Riau Wajib Kirim 50 Hasil Tes Swab Per Hari ke RSUD Arifin Achmad

Semua Kabupaten/Kota di Riau Wajib Kirim 50 Hasil Tes Swab Per Hari ke RSUD Arifin Achmad

12 Juni 2020
Ilustrasi (net)

Ilustrasi (net)

RIAU1.COM - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 provinsi Riau mengambil kebijakan, semua kabupaten/kota di Riau diberi target jumlah minimal tes swab per hari.

"Dari kebijakan gugus tugas provinsi bahwa semua kabupaten/kota diberikan target swab per hari. Kalau kita punya 12 kabupaten/kota, minimal di rata-rata, itu ada fluktuatifnya sesuai dengan jumlah penduduk kabupaten/kota masing-masing," kata dr Indra Yovi jubir Covid-19 Riau.

Namun demikian, setidaknya setiap kabupaten/kota yang ada di Riau tersebut mengirim rata-rata sebanyak 50 sampel setiap harinya ke laboratorium biomolekuler RSUD Arifin Achmad Pekanbaru.

"Tapi di rata-ratakan minimal ada pengiriman 50 sampel per hari ke lab biomolekuler RSUD Arifin Achmad Sehingga hal ini akan jadi gambaran yang ril kondisi Covid-19 di Provinsi Riau," ujarnya.

Tidak hanya itu, dalam waktu bersamaan, gugus tugas Covid-19 provinsi Riau juga mengambil kebijakan bagi semua orang dalam pemantauan (ODP), akan langsung dilakukan tes PCR. Bukan lagi rapid tes seperti yang dilakukan sebelumnya.