Percepat Pemeriksaan Sampel Covid-19, RSUD Arifin Achmad Tambah Alat Baru

Percepat Pemeriksaan Sampel Covid-19, RSUD Arifin Achmad Tambah Alat Baru

27 Juni 2020
Lab biomolekuler RSUD Arifin Achmad

Lab biomolekuler RSUD Arifin Achmad

RIAU1.COM - Laboratorium Biomolekuer Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau bakal menambah alat baru untuk mempercepat proses dan meningkatkan kapasitas pemeriksaan sampel covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dr. Indra Yovi mengatakan, alat yang akan didatangkan tersebut adalah Bio Saftey Cabinet, diperlukan untuk mempercepat rangkaian proses sampling. 

"Rencananya akan datang minggu depan. Saat ini di Laboratorium Biomolekuer Arifin Achmad alat tersebut cuma ada satu unit, sehingga (proses pemeriksaan sampel) terpaksa bergantian. Jadi kalau nanti ada 2 unit, langsung  bisa dilakukan2 proses dalam satu waktu,"terang Yovi, Jumat 26 Junk 2020.

Lebih lanjut dijelaskan Yovi, rangkaian pemeriksaan sampel covid-19 yang dilakukan di laboratorium Biomolekuer RSUD AA, terdapat tiga proses yang harus dilewati. 

"Dari tiga proses itu, dua proses memerlukan alat tersebut. Sehingga dengan adanya penambahan alat ini, proses pemeriksaan akan lebih cepat. Pengolahan sampel bisa lebih banyak," ujarnya.

"Sebenarnya sumber daya manusia di laboratorium tersebut tidak kurang, sebanyak apapun SDM-nya alat itu idealnya harus ada dua unit. Apalagi, kalau RSUD Arifin Achmad membeli mesin otomatis untuk eksraksi, itu kapasitas bisa naik lebih dari 1000 proses sampling per hari. Dan kita harapkan, kalau itu terjadi kita bisa kita bisa memeriksa banyak orang, sehingga kita cepat tahu, cepat diisolasi dan cepat disembuhkan," pungkas Yovi.**