Gubri: Saatnya Budaya Melayu Riau Dikenal Luas Ditingkat Dunia

Gubri: Saatnya Budaya Melayu Riau Dikenal Luas Ditingkat Dunia

28 Juni 2020
Syamsuar (int)

Syamsuar (int)

RIAU1.COM - Gubernur Riau Syamsuar menggelar musyawarah Dewan Pengurus Seni se-Provinsi Riau di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Sabtu 27 Juni 2020.

Syamsuar dalam sambutannya mengatakan bahwa sudah waktunya budaya yang ada di Provinsi Riau lebih dikenal daerah lain baik nasional maupun dimata dunia.

"Seniman yang ditaja orang terdahulu tentu mempunyai maksud, diharapkan momen ini dapat mehimpun seluruh seni yang ada di Provinsi Riau agar budaya ini dihidupkan," kata Syamsuar

Lanjut dia, Melayu bukan hanya ada di Riau tapi juga ada di daerah lain contohnya Kalimantan Barat merupakan daerah yang mempunyai budaya melayu yang kental.

"Saya harap punya hasanah yang sangat besar, jika tidak dimanfaatkan maka orang lain yang memanfaatkan," katanya. 

Ia juga mengajak Dewan Pengurus Seni se-Riau untuk memperkenalkan atau mempromosikan budaya melayu Riau, karena Riau punya potensi dalam berkarya seperti film daerah.

"Saya ingin melayu Riau ini gemilang, cemerlang, untuk mencapai itu harus ada ide kratif kerja nyata kita supaya budaya tidak hilang dari bumi melayu ini," tutur Syamsuar.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Yoserizal Zen, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmad, serta seniman dan budayawan perwakilan 12 Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau.**