Selasa, 14 Juli 2020

RIAU

Daya Beli Masyarakat Turun, Ketersediaan Sapi tuk Qurban di Riau Aman

news24xx


Ilustrasi (net) Ilustrasi (net)

RIAU1.COM - Menjelang hari raya Idul Adha 1441 H, yang jatuh 31 Juli 2020 mendatang, stok hewan qurban, khususnya untuk sapi di provinsi Riau disebut masih aman dan memadai.

Baca Juga: Sekolah di Riau Wajib Miliki Perpustakaan Sendiri

www.jualbuy.com

"Untuk jumlah sapi di Riau menjelang Idul Adha masih aman, dan sangat banyak," kata Kepala Dinas Peternakan Provinsi Riau, Rahmad Setiyawan Rabu 1 Juli 2020.

Dia menjelaskan, ketersediaan hewan qurban yang masih mencukupi, dipengaruhi rendahnya daya beli masyarakat yang menurun lantaran mewabahnya Covid-19 di Riau yang juga berakibat dengan perekonomian di masyarakat.

"Daya belinya masih rendah. Seperti misalnya dulu ada masjid yang terdaftar membeli sapi, sampai saat ini belum juga mendaftar," ucapnya.

"Rata-ratakan masyarakat memang membuat kelompok untuk dapat ikut berkurban di hari raya Idul Adha, dan jika perorangan dengan membeli kambing justru lebih susah," ujarnya.

Meski begitu menurut Rahmad, ini adalah moment yang bagus bagi masyarakat yang hendak berqurban dengan lebih leluasa memilih kualitas hewan qurban. Sebab jumlahnya sangat banyak. Untuk harganya masih relatif sama dengan tahun lalu.

"Sekarang lebih enak untuk memilih kualitas hewan qurbannya. Tidak seperti tahun lalu yang bisa dibilang rebutan," tuturnya.

Untuk pasokan hewan qurban ini sendiri didatangkan dari Bali, Nusa Tenggara Timur dan lain sebagainya. Namun sebagian lagi merupakan hasil peternakan lokal.

Baca Juga: SKK Migas Sumbagut-KKKS Riau dan 5 Organisasi Wartawan Gelar Webinar Jurnalistik

"Rokan Hulu saat ini jumlah hewan qurbannya sudah dapat memenuhi kebutuhan wilayah itu. Kemudian saat ini kita juga masih lakukan penjajakan di wilayah Duri. Untuk tahap awal dari peternak di sana kita dibantu sebanyak 500 ekor untuk tahap awal. Ini bertahap hingga 1.500 ekor rencananya," pungkasnya.**





loading...
Loading...