Rabu, 12 Agustus 2020

RIAU

Ini Dia Tokoh Pendidikan Riau Datuk Djauzak Ahmad

news24xx


Djauzak Ahmad (foto: Istimewa/internet) Djauzak Ahmad (foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Begitu harum nama Djauzak Ahmad atau Datuk Djauzak dikalangan masyarakat Riau hingga ke Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Selain pernah memperoleh Bintang Jasa Pratama dari Presiden RI tahun 1998, dia juga mendapatkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya kelas II dinukil dari lamriau.id, Sabtu, 4 Juni 2020.

Bintang Jasa Pratama merupakan gelar yang diberikan karena berjasa luar biasa, mendedikasikan dirinya kepada nusa, bangsa dan negara, pada bidang atau peristiwa atau hal tertentu di luar bidang militer.

Baca Juga: Tambah 19 Pasien dari 4 Kabupaten/Kota, Total Positif Covid-19 di Riau Sudah 789 Kasus

www.jualbuy.com

Sementara Satya Lencana Karya Satya merupakan tanda penghargaan yang diberikan kepada pegawai negeri sipil yang telah berbakti selama puluhan tahun dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetian dan pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya.

Baca Juga: Heboh, Story WhatsApp Seorang Anggota DPRD Riau Posting Video Porno

Karya-karya terbaik Djauzak Ahmad dimulai saat bersekolah di Cursus Volks Onderweizer (CVO) atau sekolah guru 2 tahun 1947.

Usai menamatkan masa pendidikan, ia kerap berpindah-pindah saat menjadi guru. Seperti menjadi guru SD tahun 1949-1951, kemudian pindah menjadi guru SMP di tahun 1952 sampai menjadi guru SGA di Bandung tahun 1977.

Dari sinilah karirnya menanjak. Usai menjadi guru dia lalu diangkat menjadi kepala kantor pembinaan pendidikan guru tahun 1975 hingga menutup karirnya sebagai ASN di Direktur Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta.

Tokoh ini juga merupakan seorang penulis yang telah banyak menghasilkan karya bermutu. Didedikasikan bagi dunia pendidikan khususnya Sekolah Dasar.

Djauzak Ahmad wafat pada Ahad 14 Juli 2019 pukul 17.25 WIB di usia 85 tahun.





loading...
Loading...