Muncul Kekhawatiran saat Sekolah Libur Dimasa Pandemi Covid-19, Ini Kata Anggota DPRD Riau Ade Hartati

Muncul Kekhawatiran saat Sekolah Libur Dimasa Pandemi Covid-19, Ini Kata Anggota DPRD Riau Ade Hartati

8 Juli 2020
Anggota Komisi V DPRD Riau, Ade Hartati

Anggota Komisi V DPRD Riau, Ade Hartati

RIAU1.COM - Sejak pandemi Covid-19, pemerintah mengambil langkah untuk meliburkan para siswa atau belajar dari rumah untuk menghindari penyebaran virus corona.

Namun langkah itu, belakangan menuai kekhawatiran baru. Anggota Komisi V DPRD Riau, Ade Hartati Rahmat kemudian meminta orangtua memperhatikan anak-anaknya selama sekolah diliburkan.

"Tidak saja tentang belajar di rumah, tapi juga lingkungan dan pergaulannya," kata Ade Hartati, Rabu 8 Juli 2020.

Ade mengungkapkan, menurut laporan yang diperolehnya dari Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Kota Pekanbaru, saat ini terjadi peningkatan kenakalan anak yang mengarah pada tindak seks bebas dan kekerasan seksual.

"Perhatian orangtua dan kepedulian lingkungan sangat diperlukan. Karena ini harus terus disampaikan, mengingat kecanggihan teknologi dan perkembangan zaman," sebut politis PAN Riau tersebut.

"Ditambah lagi dengan diliburkannya dunia pendidikan, menjadikan orangtua dan lingkungan satu koordinat yang harus saling peduli pada perkembangan anak," terangnya.

Anggota DPRD Riau dapil Pekanbaru ini juga meminta pemerintah daerah untuk senantiasa memberikan edukasi kepada masyarakat terkait hal tersebut.

"Peran pemerintah dibutuhkan dengan menggerakkan seluruh orangtua untuk terus memantau tumbuh dan kembang anak. Kita tak ingin dihantam covid, nanti malah berimbas ke pendidikan dan anak," pungkasnya.