Gaji Belum UMR, Ini 'Curhat' Ketua Persatuan Guru Honor Riau

Gaji Belum UMR, Ini 'Curhat' Ketua Persatuan Guru Honor Riau

13 Juli 2020
Saat podcast

Saat podcast

RIAU1.COM - Kesejahteraan masih menjadi masalah dan perjuangan utama guru honor di provinsi Riau. Hal itu dipaparkan Eko Wibowo ketua Forum Komunikasi Guru dan Pegawai Honorer Sekolah Negeri (Forgupahsn) provinsi Riau dalam Podcast Riau24channel, Senin 13 Juli 2020.

"Untuk di kota Pekanbaru saja, rata-rata gaji honor baru Rp2,2 juta. Itu di kawasan kota saja masih di bawah UMR, belum lagi daerah kabupaten dan daerah pelosok dan pinggir," kata Eko.

Untuk itu ujar dia, kenaikan gaji tenaga honor hendaknya jadi prioritas bagi setiap kepala daerah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di provinsi Riau. 

"Untuk kenaikan gaji sesuai UMR kita minta pada gubernur dan bupati/wali kota. Perhatikanlah kesejahteraan guru. Saat hearing di DPRD, mereka katakan siap perjuangkan untuk gaji ini. Mudah-mudahan tahun depan bisa terealisasi," ujarnya

Apatah lagi dia di masa pandemi, pengeluaran guru terutama guru honor harus bertambah. Pasalnya ada biaya yang harus dikeluarkan untuk biaya pembelian paket internet dalam sistem belajar mengajar daring.

"Pengeluaran di masa pandemi bertambah. Kita tidak di fasilitasi untuk bantuan paket internet saat belajar daring. sekarang guru tanggung sendiri, wali murid tanggung sendiri," terang dia.