Sabtu, 28 November 2020

RIAU

Kabupaten/Kota di Riau Belum Penuhi Target Pengiriman Hasil Tes Swab

news24xx


dr Indra Yovi (net) dr Indra Yovi (net)

RIAU1.COM - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Riau menegaskan pada pemerintah kabupaten/kota agar dapat meningkatkan jumlah pengiriman sampel tes swab ke Laboratorium Biomolekuer RSUD Arifin Achmad untuk pemeriksaan PCR.

Baca Juga: Ini Sebaran 436 Korban Meninggal Dunia Akibat Covid-19 di 11 Kabupaten/Kota se-Riau



www.jualbuy.com

Hal tersebut, disampaikan Juru Bicara Percepatan Penangan Covid-19 Provinsi Riau, dr. Indra Yovi saat menggelar konferensi pers di Gedung Daerah Riau.

Terang Yovi, hal itu juga menyusul adanya peningkatan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Riau dengan menambah alat baru berupa mesin ekstraksi otomatis di laboratorium tersebut. 

Dengan demikian, sebutnya, kapasitas pemeriksaan sampel di laboratorium tersebut mampu mencapai 1000 sampel per hari.

"Ini kembali lagi kepada dinas dan pemeritah kabupaten kota masing-masing, bagaimana supaya bisa melaksanakan swab massal sehingga pemeriksaan kita bisa memenuhi syarat terhadap 1000 pemeriksaan per satu juta orang per minggu seperti yang dipersyaratkan WHO, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri agar suatu wilayah dapat kembali melakukan aktivitas seperti biasa dengan tetap melakukan protokol kesehatan," papar Yovi. 

Dengan peningkatan kapasitas laboratorium tersebut, sambung dia, daerah kabupaten dan kota saat ini bisa mengirim rata-rata hingga 100 sampel per hari. 

Baca Juga: Korban Meninggal Dunia Akibat Covid-19 dengan Penyakit Penyerta di Riau Capai 170 Orang Sejak Awal Pandemi

"Kalau memang 1000 per hari, kita rata-rata saja, 1 kabupaten kota boleh  80-100 swab per hari. Saat ini tidak ada kegiatan kota yang kirim hasil swab seperti yang kita harapkan," pungkasnya.





loading...
Loading...
DN06 | beacukai