Pemprov Klaim Pariwisata Halal Berkembang Baik di Riau

Pemprov Klaim Pariwisata Halal Berkembang Baik di Riau

18 Agustus 2020
Ahmad Shah Harrofie

Ahmad Shah Harrofie

RIAU1.COM - Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Riau Ahmad Syah Harrofie mengatakan, pengembangan destinasi halal di Riau harus Komitmen bersama.

"Destinasi halal bertujuan baik untuk muslim yaitu dengan tujuan sebagai destinasi halal terbaik," terang Ahmad Syah Harrofie belum lama ini.

Dia menjelaskan, Indonesia dan Malaysia ditetapkan sebagai destinasi wisata halal (halal tourism) terbaik dunia 2019 standar Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019, mengungguli 130 destinasi dari seluruh dunia.

Selanjutnya, sambung dia lagi, Industri pariwisata mampu meningkatkan peran pendapatan Pemerintah dan juga memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Tambah dia, hal ini menyebabkan kompetensi antar daerah untuk menarik para wisatawan, parawisata yang paling berkembang di Provinsi Riau yaitu Pariwisata halal, makanya produk dengan lebel halal berbentuk ekosistem baru berbasis halal sangat diinginkan.

"Untuk mempercepat Pariwisata halal, kementrian pariwisata telah menetapkan 15 Provinsi yang menjadi fokus pengembangan destinasi ikatan muslim," terangnya.

Loading...

Dengan harapan, masing-masing Provinsi untuk dapat mengembangkan potensi wisata halal tersendiri, inilah yang diperlukan Provinsi Riau dukungan oleh berbagai organisasi,dan pemangku kepentingan agar komitmen dalam mengembangkan destinasi halal.

Kemudian, ujar dia, pariwisata halal adalah bentuk program Pemerintah, maka segmen baru itu perlu dipersiapkan dan disesuaikan melalui dari pasar pengembangan.

"Berdasarkan penilaian Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019, Provinsi Riau menempati peringkat ketiga mengalahkan ibukota negara DKI Jakarta," pungkasnya.