Ahli Epidemiologi Riau Rekomendasikan Pegawai Miliki Penyakit Kronis Bekerja Di Rumah

Ahli Epidemiologi Riau Rekomendasikan Pegawai Miliki Penyakit Kronis Bekerja Di Rumah

20 Agustus 2020
dr Wildan

dr Wildan

RIAU1.COM - Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Riau dr Wildan Asfan Hasibuan MKes (Epid), merekomendasikan agar setiap pegawai yang memiliki penyakit kronis, sebaiknya bekerja dari rumah saja.

Namun demikian menurut Wildan, hal tersebut tentu saja perlu dukungan kebijakan dari instansi atau perusahaan bersangkutan, dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di Riau yang semakin meningkat tajam.

"Beberapa pekan terakhir kasus terkonfirmasi Covid-19 di Riau meningkat signifikan. Jadi kami merekomendasikan agar karyawan atau pegawai pemerintah yang memiliki pengakit kronis sebagainya bekerja dari rumah saja," ujarnya, Kamis 20 Agustus 2020.

Langkah ini sambung dia, diharap efektif untuk menekan penyebaran virus corona melalui klaster perkantoran. Oleh sebab itu, setiap kantor, baik swasta maupun instansi pemerintah kiranya dapat membentuk Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 skala kantor.

Lalu, tim Satgas inilah nantinya, kata dia yang akan melakukan pendataan terhadap setiap karyawan atau pegawai di kantor masing-masing yang memiliki penyakit kronis, kemudian diusulkan kepada pimpinan agar sebaiknya mereka bekerja di Rumah.

“Orang dengan usia lanjut dan orang dengan penyakit kronis sangat beresiko jika mereka terpapar virus corona. Klaster-klaster kantor saat ini sangat dikhawatirkan, karena penyebaran virusnya sangat cepat,” jelasnya.