Sanitasi jadi Salah Satu Prioritas Pembangunan di Riau

Sanitasi jadi Salah Satu Prioritas Pembangunan di Riau

10 September 2020
Eva Refita

Eva Refita

RIAU1.COM - Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Eva Refita mengharapkan pembangunan Perumahan, Pemukiman, Air Minum dan Sanitasi (PPAS) di Provinsi Riau menjadi prioritas pembangunan daerah ke depan.

Pernyataan tersebut disampaikan Eva saat membuka Kick Off Meeting Provinsi Pokja Bidang Perumahan, Pemukiman, Air Minum & Sanitasi (PPAS) Provinsi Riau secara Virtual, di Ruang Kerja Asisten II Setdaprov Riau, Kantor Gubernur Riau belum lama ini.

" Melalui Subtansi daripada kick off meeting ini dapat kita  peroleh dan kita manfaatkan untuk kemajuan sektor terkait," katanya.

Eva menyebutkan, Pokja PPAS dapat mendorong dan memberikan pertimbangan kepada Kepala Daerah dalam menentukan arah yang tempat untuk strategi pembangunan sektor PPAS secara berkelanjutan di provinsi Riau.

Menurutnya, pelaksanaan Pokja PPAS ini berdasarkan permen PUPR nomor 12 tahun 2020 tentang peran masyarakat dalam penyelenggaraan perumahan dan kawasan pemukiman.

"Hal ini bertujuan pokja ini sebagai wadah dan forum komunikasi dan koordinasi agar air minum dan sanitasi dapat berjalan terpadu," ujar dia.

Kemudian, ia menambahkan melalui Pokja PPAS ini dapat dilakukan satu data dengan pembangunan perumahan dan pemukiman yang berfungsi sebagai tempat koordinasi, advokasi, fasilitasi, supervisi dan sinkronisasi  tingkat pusat, provinsi kabupaten dan kota.

"Dengan aktifnya Pokja PPAS ini dapat menjalankan fungsinya untuk mendukung visi dan misi provinsi Riau dalam bidang PPAS serta meningkatkan penyerapan dana APBN provinsi Riau yang mana tahun 2020 ini sebesar 241 miliar  dengan rincian sektor perumahan sebesar 44,3 miliar , air minum 61,7 miliar dan sanitasi 135 miliar,"harapnya.