Perekrutan Tenaga Medis Penanganan Covid-19, Pemrov Riau akan Libatkan IDI

Perekrutan Tenaga Medis Penanganan Covid-19, Pemrov Riau akan Libatkan IDI

15 September 2020
Ilustrasi (net)

Ilustrasi (net)

RIAU1.COM - Sebagai upaya mengantispasi terus bertambahnya pasien positif Covid-19 di Riau, Gubernur Riau Syamsuar meminta Dinas Kesehatan Riau untuk segera mendata berapa keperluan tenaga medis saat ini.

"Saya sudah minta dinas kesehatan untuk mendata berapa keperluan tenaga medis. Karena dalam waktu dekat ini kita akan melakukan perekrutan tenaga medis," kata Syamsuar, Senin 14 September 2020.

Lanjut dia, dalam mempersiapkan tenaga medis tersebut, Syamsuar juga meminta agar dinas kesehatan bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia dan juga ikatan perawat yang ada.

"Karena sebelum bertugas, para tenaga medis tersebut harus mendapatkan pelatihan terlebih dahulu. Karena tentunya protap pelayanan pasien positif Covid-19 berbeda dengan pasien lainnya," kata Syamsuar menjelaskan.

Sambug dia, tenaga medis yang nantinya direkrut tersebut, akan lebih difokuskan pada pengawasan pasien positif Covid-19 tanpa gejala, sebab ujarnya, saat ini banyak pasien positif Covid-19 yang tanpa gejala.

"Pasien yang tanpa gejala ini nantinya akan ditempatkan dilokasi khusus, sehingga perlu pengawasan dari tenaga medis," pungkasnya.