Kelompok Cipayung Plus Riau akan Kembali Gelar Aksi Tolak UU Cipta Kerja

Kelompok Cipayung Plus Riau akan Kembali Gelar Aksi Tolak UU Cipta Kerja

9 Oktober 2020
Selebaran rencana aksi

Selebaran rencana aksi

RIAU1.COM - Aksi penolakan omnibus law Undang-undang Cipta Kerja di Pekanbaru Riau usai kericuhan dari siang hingga petang, Kamis 8 Oktober kemarin, akan berlanjut, Jum'at 9 Oktober siang.

Selebaran aksi unjuk rasa hari ini telah tersebar di berbagai media sosial. Mahasiswa yang akan gelar aksi nanti berasal dari kelompok Cipayung Plus Riau. Yang mana terdiri dari berbagai kemahasiswaan organisasi eksternal kampus.

Adapun organisasi kemahasiswaan tersebut terdiri dari HMI, KAMMI, IMM, PMII, GMNI, Himapersis, GMKI dan PMKRI. Titik aksi kembali dipilih gedung DPRD Provinsi Riau di jalan Jenderal Sudirman. Waktu aksi disebutkan dalam selebaran tersebut pada jam 14.00. 

Ketua Badko HMI Riau-Kepri Sahrin, Kamis malam membenarkan rencana aksi tersebut. Kata dia, aksi tolak omnibus law Undang-undang Cipta Kerja yang akan dilakukan hari ini merupakan aksi jilid 2 untuk tuntutan yang sama usai aksi Kamis 8 Oktober dari siang hingga petang di DPRD Riau,"Besok(Jum'at) insyaAllah ada aksi jilid 2," ujarnya.

Seperti diketahui, Kamis 8 Oktober kemarin ribuan massa dari Koalisi Masyarakat Riau, yang merupakan gabungan kelompok mahasiswa dan organisasi kemasyarakatan menggelar aksi tolak omnibus law UU Cipta Kerja di luar gedung DPRD Riau.

Aksi tersebut diwarnai dengan kericuhan usai pihak keamanan membubarkan paksa massa aksi. Beberapa massa aksi luka-luka dan dibawa ke rumah sakit setelah diduga mendapat tindakan kekerasan dari pihak keamanan.

Dan satu dari massa aksi yang mengalami luka-luka yakni ketua HMI Cabang Pekanbaru Heri Kurnia. Ia terpaksa harus mendapatkan perawatan medis di rumah sakit Syafira.