Selasa, 24 November 2020

RIAU

Rehabilitasi Hutan dan Lahan di Riau, KLH Berkolaborasi dengan TNI Hingga Masyarakat

news24xx


Saat program rehabilitasi Saat program rehabilitasi

RIAU1.COM - Bersama TNI dan masyarakat, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH) berkolaborasi melaksanakan kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan (RHL). 

Baca Juga: Total 416 Korban Meninggal Dunia Akibat Covid-19 Tersebar di 11 Kabupaten/Kota se-Riau, Ini Rinciannya



www.jualbuy.com

Kegiatan RHL dilaksanakan dalam bentuk membangun kebun bibit desa (KBD) di lima desa binaan Korem 031/Wirabima sebagai satuan komando kewilayahan di Provinsi Riau.

Pembangunan KBD ini merupakan tindaklanjut dari hasil pertemuan Kasiter Rem 031/WB Letkol Kav Joni Hariadi dengan Kepala BPDASHL Indragiri Rokan Tri Esti Indrarwati dan Kasi RHL Desmantoro, belum lama ini.

"Kolaborasi UPT KLHK dengan TNI dan masyarakat ini, memberi warna dan semangat tersendiri dalam pelaksanaan program penanaman dan RHL. Terlebih lagi Babinsa yang kesehariannya memberikan pembinaan kepada masyarakat, dapat menyisipkan pesan-pesan lingkungan, termasuk budaya menanam dan memelihara pohon,'' papar Kepala BPDASHL Indragiri Rokan, Tri Esti Indrarwati, Kamis 23 Oktober 2020 di Pekanbaru.

Kegiatan pembangunan KBD dilakukan bersama-sama dengan kelompok masyarakat desa dan anggota TNI (Babinsa) di wilayah Kodim 0313/Kpr, yaitu di Desa Sawah, Desa Muktisari (Kampar), Desa Sotol (Pelalawan), Desa Kunto Darussalam, dan Desa Bencah Kesuma (Rokan Hulu).

"Cara penyampaian pesan lingkungan ala Babinsa tentu memiliki daya tarik tersendiri, sehingga dapat selalu diingat dan menimbulkan kesan mendalam bagi masyarakat," sambung dia.

Tambah dia, saat ini, proses pembangunan KBD di lima desa binaan dalam fase persiapan persemaian. Ditargetkan minggu I November 2020, bibit telah siap ditempatkan di bedeng-bedeng sapih KBD. Bibit-bibit tersebut juga dipersiapkan untuk menyambut Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan bulan menanam nasional (BMN) yaitu di bulan November dan Desember

Jenis bibit yang dipersiapkan cukup beragam dan mengakomodir minat masyarakat, antara lain jengkol, petai, durian, pinang, matoa, serta beberapa jenis bibit produktif lainnya.

Baca Juga: Korban Meninggal Dunia Akibat Covid-19 Tanpa Penyakit Penyerta Mendominasi di Riau, Capai 262 Orang

''Kehadiran TNI melalui Babinsa yang senantiasa aktif mendampingi dan membina masyarakat memberikan semangat tersendiri. Semoga dengan kolaborasi lintas fungsi dan institusi ini, program KBD dan program-program bidang lingkungan hidup dan kehutanan akan semakin tersosialisasi, terfasilitasi, kuat dan hebat seperti TNI,'' kata Esti.





loading...
Loading...
DN06 | beacukai