Kadispora Riau Berharap Integritas Pemuda Lebih Dikokohkan

Kadispora Riau Berharap Integritas Pemuda Lebih Dikokohkan

11 November 2020
Boby Rahmat

Boby Rahmat

RIAU1.COM - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau, Bobby Rahmad berpesan kepada pemuda di Riau agar jangan cepat berputus asa, dan harus bersemangat membangun bangsa mewujudkan Negeri Riau bermarwah.

Hal tersebut disampaikan Bobby saat menjadi salah satu narasumber dalam Dialog Online Sumpah Pemuda dan Maulid Nabi yang ditaja oleh Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Riau - Kepulauan Riau telah berlangsung di Riau Command Center (RCC) Menara Lancang Kuning, Selasa 10 Novemver 2020.

"Adapun dasar kita dalam membangun kepemudaan ini yaitu berdasarkan undang-undang nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan," kata Bobby.

Berdasarkan UU tersebut, jelas Bobby dilaksanakan dalam bentuk memberikan pelayanan dalam kepemudaan kepada generasi muda terutama di Provinsi Riau. 

"Hal ini juga sejalan dengan memperkuat nilai integritas Pemuda dikaitkan dengan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober, Maulid Nabi dan Hari Pahlawan," ucapnya.

Melalui tiga momen itu, lanjutnya,  pertama mengenai Hari Sumpah Pemuda sebagai peran pemuda mempersatukan perbedaan-perbedaan yang ada sehingga pemuda bisa menjadi salah satu bahagian dalam memperkokoh nilai persatuan dan kesatuan Republik Indonesia.

"Kita ketahui bahwa Riau dengan bahasa Melayu sebagai salah satu penyumbang artinya nilai-nilai dari sumpah pemuda. Untuk itu kita patut berbangga karena bahasa Melayu salah satu menjadi pelopor dalam bagaimana bahasa Indonesia bisa menjadi bahasa pemersatu bangsa," jelasnya

Kedua, Maulid Nabi dapat diketahui bahwa ada nilai-nilai yang terkandung dari peringatan Maulid Nabi ini yang bisa menjadi inspirasi bagi para pemula mengenai bagaimana akhlak dari Nabi Muhammad sehingga menjadi referensi bagi para pemuda.

"Selanjutnya peringatan Hari Pahlawan, adanya semangat pemuda ini terus berkarya dalam bidang apapun untuk meningkatkan kesatuan untuk memajukan bangsa ini," tuturnya.

Ia melanjutkan peran pemuda sangat dibutuhkan oleh suatu bangsa apalagi ditengah Pandemi Covid 19 ini, bersama pemerintah untuk bisa mensinergikan seperti memberikan penyuluhan terkait protokol kesehatan dengan menjadi pelopor dalam memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menyelenggarakan kegiatan kesehatan atau bidang keagamaan di tengah-tengah lingkungan masyarakat.

"Badko HMI ini bisa menjadi salah satu organisasi kepemudaan yang dapat memperkuat dan juga mempererat nilai-nilai persatuan dan juga kesatuan bangsa kita terutama di provinsi Riau," tutupnya.