BPBD Sebut Intensitas Hujan di Riau Hingga Akhir Tahun Diprediksi Meningkat

BPBD Sebut Intensitas Hujan di Riau Hingga Akhir Tahun Diprediksi Meningkat

3 Desember 2020
Edward Sanger

Edward Sanger

RIAU1.COM - Dalam beberapa waktu kedepan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau menjelaskan, sejumlah daerah di Riau (khusus di pesisir) perlu mendapat perhatian serius terhadap tingginya intensitas curah hujan.

Sementara untuk di wilayah daratan Riau, juga perlu bersiap mengingat potensi tingginya curah hujan di provinsi tetangga, yakni Sumatera Barat.

"Menurut BMKG, intensitas curah hujan akan terus meningkat menjelang akhir tahun, hingga di awal Januari 2021 mendatang. Untuk sementara ini, kami masih berpatok pada daerah Tigabelas Koto Panjang, Kampar. Jika air waduk sudah mulai naik, maka warga di sekitar aliran sungai Kampar sebaiknya bersiap," kata Kepala BPBD Riau Edwar Sanger.

Berdasarkan data sebelumnya, BPBD mencatat daerah-daerah di Riau yang sudah terjadi banjir, yakni di Kabupaten Pelalawan, Rokan Hulu, Indragiri Hulu, Rokan Hilir, Kuantan Singingi dan Indragiri Hilir serta di Kabupaten Kepulauan Meranti. 

"Beberapa daerah diantaranya terjadi banjir akibat pasang besar. Secara keseluruhan banjir di daerah-daerah tersebut sudah surut," pungkasnya.