Jaga Ketahanan Pangan, Lahan Pemprov Riau Dimanfaatkan untuk Komoditas Pertanian

Jaga Ketahanan Pangan, Lahan Pemprov Riau Dimanfaatkan untuk Komoditas Pertanian

5 Desember 2020
Gubri panen hasil pertanian

Gubri panen hasil pertanian

RIAU1.COM - Pemerintah Provinsi Riau menyebut telah mendorong pemerintah kabupaten kota se Provinsi Riau untuk saling bersinergi dan berkolaborasi untuk melakukan gerakan penyediaan pangan di daerah masing-masing.

"Hal ini dilakukan supaya ketersediaan pangan bagi masyarakat serta stabilisasi harga pangan khususnya di Provinsi Riau akibat dampak pandemi Covid-19," Sekdaprov Riau, Yan Prana Jaya di Kampar, Jumat 4 Desember 2020.

Yan mengatakan, bahwa hal tersebut diawali dari kesadaran Pemprov Riau terhadap ketersediaan pangan di RIau. Yang mana ungkap dia ada kekhawatiran, ketersediaan pangan hampir tidak mencukupi untuk Provinsi Riau sendiri.

"Artinya, dalam hal pangan ini kita masih membutuhkan pasokan pangan dari daerah lain untuk kebutuhan kita di sini," ujarnya.

Maka dari itu, Pemprov Riau sebut Yan telah melakukan berbagai upaya dengan gerakan penyedian barang bahan pangan beberapa waktu yang lalu dan sudah membuahkan hasil. 

Diantaranya, sebut Yan sebuah gerakan Riau bertani yang telah disepakati bersama 12 kabupaten kota. Yang mana telah menjadi gerakan bersama dalam upaya peningkatan produksi padi di Riau yaitu melalui peningkatan produktivitas, peningkatan indeks pertanian dan lain sebagainya.

Selain itu juga ada program pengembangan pengawasan pertanian pangan berbasis kepada korporasi, pemanfaatan lahan pemprov Riau yang sudah dimanfaatkan dalam penanamanan jagung dan ubi kayu, tanaman sayur, buah-buahan, dan lainnya.

"Ini dilakukan oleh kelompok tani dan kelompok masyarakat," terangnya.