Tim Kemitraan Perjaka Dibentuk, Pemprov Riau Berharap BPJS Kesehatan Bagi Semua Pekerja

Tim Kemitraan Perjaka Dibentuk, Pemprov Riau Berharap BPJS Kesehatan Bagi Semua Pekerja

9 Desember 2020
Yan Prana Jaya

Yan Prana Jaya

RIAU1.COM - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana Jaya berharap Tim Kemitraan Perlindungan Jaminan Kesehatan Bagi Pekerja (Perjaka) yang telah dibentuk dapat berjalan dengan maksimal.

Dimana untuk memberikan kepastian perlindungan kesehatan bagi Pekerja Penerima Upah (PPU) Badan Usaha (BU) dan anggota keluarganya, BPJS Kesehatan membentuk Tim Kemitraan Perjaka yang beranggotakan dari unsur pemerintah, pengusaha, dan serikat pekerja serta dari beberapa pihak lainya. 

"Pembentukan Tim Kemitraan Perjaka ini sangat diharapkan bisa menjadi sebuah media yang nantinya bisa teragenda dengan baik dan berjalan dengan baik pula," kata Sekdaprov dalam Forum Kemitraan Perlindungan Jaminan Kesehatan Bagi Pekerja Tahun 2020, Selasa 8 Desember 2020. 

Seperti diketahui, Tim Kemitraan Perjaka merupakan wadah koordonasi kemitraan dan sosialisasi bersama kebijakan antar pemangku kepentingan dalam rangka memberikan kepastian perlindungan jaminan kesehatan bagi pekerja badan usaha dan anggota keluarganya. 

Yang mana, tambah dia, tujuan Tim Kemitraan Perjaka yaitu terwujudnya perlindungan kesehatan yang optimal bagi segmen PPU BU dan anggota keluarganya. 

"Tujuan lainnya yakni tercapainya komunikasi yang baik antara BPJS Kesehatan, pemangku kepentingan pekerja, pemberi kerja, instansi ketenagakerjaan serta para pemangku kepentingan lainnya," sebut Sekda. 

Selain itu juga, Tim Kemitraan Perjaka bisa menjadi media koordinasi antar instansi dan lembaga/organisasi dalam memonitoring dan evaluasi implementasi kebijakan pendaftaran, kebenaran data dan kepatuhan mebayar iuran, serta mekanisme PHK bagi PPU BU sesuai ketentuan yang berlaku.