Hasil Pilkada Rohul Sementara: Golkar Belum Mampu Goyah Petahana

Hasil Pilkada Rohul Sementara: Golkar Belum Mampu Goyah Petahana

11 Desember 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Sukiman, selaku petahana di kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Rokan Hulu tahun 2020, sejauh ini masih memperoleh suara terbanyak di bandingkan paslon lainnya.

Dari tiga paslon yang ada, dalam website rekapitulasi penghitungan sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU), pilkada2020.KPU.go.id hingga Jum'at 11 Desember 2020 pukul 19.45, Paslon Sukiman-Indra Gunawan memperoleh dukungan 41,8 persen atau 39.229 suara.

Perolehan sementara ini mencakup 444 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 1.126 TPS yang ada. Atau sebanyak  39,43 persen dari keseluruhan TPS.

Selain sebagai petahana, paslon Sukiman-Indra Gunawan ini juga diusung dan didukung koalisi partai yang cukup banyak, yakni Gerindra, Demokrat, PKS, Hanura, PDI-P dan Nasdem.

Jika kilas balik duduknya Sukiman di kepemimpinan kabupaten Rokan Hulu, tidak lepas dari digandengnya kader Gerindra ini oleh Suparman dari partai Golkar sebagai wakil bupati Rokan Hulu pada tahun 2015 yang lalu.

Namun demikian, Suparman terbelit kasus hukum. Sehingga dengan sendirinya Sukiman menempati posisi  Bupati Rokan Hulu hingga akhir masa jabatan.

Sementara, jagoan Golkar sendiri di Pilkada Rokan Hulu tahun 2020 ini yakni Paslon Hamulian-Sahril Topan, sejauh ini malah berada diposisi paling sedikit dalam perolehan suara.