Kasatpol PP Riau Sebut Kesadaran Pedagang Patuhi Prokes Meningkat

Kasatpol PP Riau Sebut Kesadaran Pedagang Patuhi Prokes Meningkat

26 Januari 2021
Kasatpol PP Riau Hadi Pinandio

Kasatpol PP Riau Hadi Pinandio

RIAU1.COM - Pelaku usaha kecil di Riau diharapkan menjadi agen pemerintah dalam mendorong konsumen agar selalu taat pada protokol kesehatan. Langkah ini dianggap penting mengingat para pelaku usaha lebih dominan berinteraksi dengan masyarakat.

"Kami berharap pelaku usaha bisa mengambil peran itu (sebagai agen pemerintah dalam pendisiplinan protokol kesehatan masyarakat). Kami kan tak mungkin sepanjang waktu tongkrongin orang-orang di sana kan," kata Kepala Satuan Polisi (Kasatpol) Pamong Praja (PP) Riau Hadi Pinandio, Senin 25 Januari 2021.

Hadi menyebutkan, berdasarkan evaluasi yang dilakukan selama ini, menunjukkan bahwa memang ada peningkatan kesadaran masyarakat untuk patuh pada protokol kesehatan. Terutama dalam hal mengenakan masker saat mereka berada di luar rumah.

"Evaluasi kita dari hasil laporan setiap kegiatan yustisi yang dilakukan selama ini, memang kepedulian masyarakat (terhadap protokol kesehatan, red) cenderung ada peningkatan. Namun demikian tetap ada masyarakat yang bersikap sebaliknya," ujarnya.

Tambah Hadi Pinandio, banyak pihak harus menyadari bahwa upaya mengubah perilaku untuk disiplin terhadap protokol kesehatan bukan lah pekerjaan yang mudah. Dia mengakui, hal itu tidak hanya di lingkungan publik, bahkan di internal pemerintah.

Oleh sebab itu, upaya pendisiplinan protokol kesehatan harus dilakukan secara berkala dan membutuhkan waktu lama, sampai masyarakat benar-benar sadar bahwa protokol kesehatan merupakan bagian penting dalam sosial kemasyarakatan di tengah pandemi Covid-19.

"Penegakan yustisi protokol kesehatan yang selama ini kami lakukan bersama aparat terkait lainnya, bukan berbicara bagaimana kita menghukum orang. Tapi, bagaimana mereka sadar. Dan diharapkan pada titik tertentu nanti, tanpa harus ada aparan masyarakat dengan sendirinya sadar, bahwa protokol kesehatan itu adalah bagian dari kebiasaan, sehingga bisa mengingatkan orang lain," demikian Hadi Pinandio.