Di Blok Rokan, Syahril Abubakar: Melalui BUMA, Posisi LAM Riau Sebagai Pemegang Saham

Di Blok Rokan, Syahril Abubakar: Melalui BUMA, Posisi LAM Riau Sebagai Pemegang Saham

14 Februari 2021
Ketua DPH LAM Riau, Datuk Seri Syahril Abubakar

Ketua DPH LAM Riau, Datuk Seri Syahril Abubakar

RIAU1.COM - Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Syahril Abubakar menegaskan bahwa keikutsertaan LAM Riau dalam pengelolaan Blok Rokan Agustus mendatang adalah sebagai pemegang saham.

"Posisi LAM Riau melalui BUMA (Badan Usaha Milik Adat) sebagai pemegang saham," kata Syahril Abubakar pada Riau24.com grup, Sabtu 13 Februari 2021 malam.

Tambah dia, nantinya LAM Riau sebagai pemegang saham, maka punya hak dalam pengelolaan migas di Blok Rokan dengan menggandeng mitra bisnis yang bergerak dalam bisnis migas.

"Sebagai pemegang saham, tentu kita berhak juga ikut dalam pengelolaan migas bersama mitra yang sudah berpengalaman dalam bisnis perminyakan, baik perusahaan lokal yang berskala nasional, maupun perusahaan multinasional lainnya," ujarnya.

Seperti diketahui, selain Pemprov Riau, dari LAM Riau ikut serta dalam pertemuan dengan Panja Migas DPR RI pada 9 Februari lalu. Di mana salah satu poin yang disepakati bahwa Riau dalam hal ini LAM Riau dapat ikut serta mengelola Blok Rokan dengan mekanisme Bisnis to Bisnis.

LAM Riau meyakini bisa memiliki saham pada Blok Rokan yang akan ditinggal PT Chevron Pasifik Indonesia (CPI) dan akan dilanjutkan oleh pemerintah melalui PT Pertamina.