LAM Riau Ingin Ikut Serta Kelola Blok Rokan, Anggota DPR RI Abdul Wahid: Saya Rasa Hal yang Wajar

LAM Riau Ingin Ikut Serta Kelola Blok Rokan, Anggota DPR RI Abdul Wahid: Saya Rasa Hal yang Wajar

18 Februari 2021
Saat Podcast Riau24channel

Saat Podcast Riau24channel

RIAU1.COM - Terlepas pro kontra ditengah masyarakat boleh tidaknya Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau kelola Blok Rokan, yang penting semangat dulu. Semangat LAM ini harus disalurkan. 

Demikian dikatakan Anggota DPR RI Komisi VII, Abdul Wahid yang membidangi Energi, Teknologi dan Riset tersebut saat Podcast Riau24Channel, Kamis 18 Februari 2021.

"Nanti biar gubernur (Syamsuar) yang mensinergikan. Terlepas itu siapa pun. Kalau tidak ada semangat, seperti apa kita memperjuangkannya. Terlepas itu berhasil atau tidaknya nanti," katanya.

Dan terkait boleh atau tidaknya LAM Riau, Ketua DPW PKB Riau ini menilai boleh saja, karena sifatnya bisnis to bisnis. Yang penting sebut dia bagaimana Riau terlibat lebih banyak di Blok Rokan. 

"Kalau ditanya aturan boleh atau tidak, saya rasa bisa saja. Contoh koperasi boleh terlibat. Kalau ada Koperasi Unit Desa (KUD) yang mampu, ya boleh. Ini kan bisnis to bisnis. Bagi saya Anggota DPR, yang penting daerah itu dapat, entah itu pemprov, LAM Riau, koperasi atau apa pun. Tidak merampok kita," paparnya.

Meski pun banyak gonjang-ganjing dan pro kontra, dia menilai itu hal biasa. Namun pada prinsipnya Abdul Wahid berharap kekayaan sumber daya alam harus dinikmati masyarakat Riau. 

"LAM kelihatan agresif. Meninggalkan yang lain. Saya tidak tahu motifasi apa. Namun semangatnya itu harus kita dukung. Sekarang ini siapa agresif saja. Kalau Pemprov kalah sama LAM, maka Pemprov akan ketinggalan sama LAM. Dan jangan pula ada yang mengejek-ngejek. Mengata-ngata. Kita ingin ada persaingan sehat," tuturnya. 

"Secara subtansi memang LAM Riau mengurusi masalah adat. Tapi mungkin ini out of the book. Saya rasa hal yang wajar. Orang yang berhasil adalah orang yang berani mencoba hal yang baru," demikian Abdul Wahid.