Wan Abubakar Apresiasi Kapolda Riau yang Berhasil Tangkap Pelaku Teror Kepala Anjing

Wan Abubakar Apresiasi Kapolda Riau yang Berhasil Tangkap Pelaku Teror Kepala Anjing

12 Maret 2021
Wan Abubakar

Wan Abubakar

RIAU1.COM -Tokoh Masyarakat Riau, Wan Abubakar mengapresiasi kinerja Polda Riau yang berhasil menangkap pelaku peneror rumah Kasi Penkum dan Humas Kejati Riau, Muspidauan dengan kepala anjing. Ia berharap LAM kedepan bisa lebih memperkuat perannya.

"Saya ucapkan terimakasih kepada Kapolda Riau yang lebih tanggap daripada Lembaga Adat Melayu (LAM). Seharusnya LAM lebih tanggap daripada Kapolda, sekarang ini malah sebaliknya,"kata Wan Abubakar. Jumat 12 Maret 2021.

Menurutnya kasus ini menjadi pukulan bagi LAM untuk lebih memperkuat perannya kedepan. Apalagi Muspidauan ini merupakan Ketua Dewan Pengurus Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Pekanbaru berdasarkan hasil Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) beberapa bulan yang lalu.

"Kita menghimbau kepada pengurus serta tokoh LAM saat ini segera mengembalikan fungsi LAM sebagai lembaga yang menata tatanan kehidupan masyarakat Riau yang beradab dan berbudaya Melayu. Sebab LAM selama ini kurang menyentuh hal-hal yang berkaitan dengan adat istiadat, moral di masyarakat serta hanya sekedar simbol saja,"ujarnya.

"Maka dari itu lanjutnya kurangnya nilai-nilai budaya Melayu dipahami, sehingga terjadilah hal-hal yang sangat jauh sekali dari nilai-nilai budaya melayu, seperti teror, fitnah dan provokasi,"tambahnya.

Dikatakan Wan, LAM sekarang ini, sudah melenceng dari apa yang menjadi alasan pembentukan LAM oleh para tokoh-tokoh di tahun 1970 lalu. Untuk Ia kembali mengingatkan agar LAM bisa kembali ke khittah-nya, sesuai dengan Perda nomor 9 tahun 2015 tentang pelestarian budaya melayu.