Puluhan Tahun di Riau, Diakhir Operasional Chevron Hadirkan Pojok Informasi di Museum Sang Nila Utama

Puluhan Tahun di Riau, Diakhir Operasional Chevron Hadirkan Pojok Informasi di Museum Sang Nila Utama

30 Maret 2021
Pojok informasi yang diresmikan

Pojok informasi yang diresmikan

RIAU1.COM - SKK Migas Chevron Corner di Museum Sang Nila Utama diresmikan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Selasa 30 Maret 2021.

Dengan adanya pojok informasi atau SKK Migas Chevron Corner di tengah masyarakat Riau, kata Masrul merupakan salah satu sarana memperkaya ilmu pengetahuan khususnya dalam kegiatan industri migas di daerah operasi Blok Rokan. 

"Melalui SKK Migas Chevron Corner ini nantinya kita dapat memperoleh informasi mengenai asal mula minyak dan gas bumi," kata dia.

Tambah dia, melalui pojok informasi tersebut juga masyarakat bisa mengetahui industri hulu dan hilir minyak dan gas bumi, klasifikasi minyak mentah, teknik perolehan minyak bumi, Peta Operasi Migas di Sumatera Bagian Utara, hingga sejarah PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) yang sudah ada di Indonesia sejak 97 tahun yang lalu. 

"Atas nama Pemerintah Provinsi Riau, kami mengucapkan terimakasih atas sarana edukasi yang telah diupayakan oleh SKK Migas dan PT CPI untuk mencerdaskan generasi muda dalam kegiatan industri migas di daerah operasi Blok Rokan," ujarnya.

Dia juga berharap semua pihak mempunyai kesamaan persepsi untuk memajukan daerah dan pembangunan pada sektor kegiatan hulu dan hilir migas, sehingga potensi sumber daya alam minyak dan gas bumi yang berlimpah dapat dimanfaatkan untuk kemajuan daerah. 

Sementara itu perwakilan manajemen PT CPI, Budianto Renyut mengucapkan terimaksih kepada Pemprov Riau atas segala kesempatan dan dukungan yang telah diberikan. 

Budianto mengatakan, SKK Migas Chevron Corner sebenarnya sudah berdiri sejak awal tahun 1990. Selama hampir 30 tahun corner ini menjadi bagian dari Museum Sang Nila Utama sebagai sarana edukasi bagi pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum untuk mengenal industri migas. 

Dengan beralih kelolanya Blok Rokan dari PT CPI ke Pertamina pada Agustus 2021 mendatang, maka seluruh upaya dan hasil karya yang sudah dicapai dan dilaksanakan selama 97 tahun akan menjadi warisan berharga dan bermanfaat bagi masyarakat Riau

"Kami berharap SKK Migas Chevron Corner ini dapat menjadi salah satu sarana pengingat bahwa Chevron merupakan bagian tak terpisahkan dari perjalanan sejarah Riau serta kami tumbuh dan berkembang ditengah masyarakat Riau," demikian Budi.