Gapki Diminta Bangun Seribu Rumah Bagi Pekerja Kelapa Sawit di Riau

Gapki Diminta Bangun Seribu Rumah Bagi Pekerja Kelapa Sawit di Riau

31 Maret 2021
Gubri Syamsuar dalam arahannya

Gubri Syamsuar dalam arahannya

RIAU1.COM - Gubernur Riau Syamsuar memberikan usulan kepada Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) untuk bisa membangun 1.000 unit rumah hingga tahun 2024 bagi pekerja/buruh perkebunan kelapa sawit di Provinsi Riau

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Riau, GAPKI, BP Jamsostek Sumbar-Riau, Bank BNI wilayah 02, Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia, Federasi Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan, Federasi SP-BUN Perkebunan Nusantara, Serikat Buruh Solidaritas Indonesia serta Federasi Serikat Buruh Kehutanan, Perkebunan dan Pertanian telah resmi melakukan kerjasama yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) rencana pembangunan rumah pekerja/buruh perkebunan kelapa sawit di Provinsi Riau. Dimana, GAPKI dan pihak terkait akan membangun 100 unit rumah bagi pekerja/buruh pada tahap awal. 

"Kami sangat berharap jumlahnya meningkat terus dan tidak hanya 100 unit rumah," kata Gubri usai melakukan MoU di Pekanbaru, Rabu 31 Maret 2021. 

Pada kesempatan itu, Syamsuar mengusulkan GAPKI dan pihak terkait bisa membangun 1.000 unit rumah bagi pekerja/buruh perkebunan kelapa sawit menjelang tahun 2024.

"1.000 unit rumah bisa dinikmati oleh 40.000 orang kalau setiap keluarga memiliki 2 anak, artinya jika 1.000 unit rumah saja sudah dibangun dan dinikmati 40.000 orang maka nanti bisa masuk surga bapak," ujarnya.**