Insan Film di Riau Diharap Angkat Budaya Lokal

Insan Film di Riau Diharap Angkat Budaya Lokal

1 April 2021
Gubri Syamsuar dalam arahannya

Gubri Syamsuar dalam arahannya

RIAU1.COM - Insan perfilman diharapkan muncul dari anak-anak kreatif di Provinsi Riau dengan memanfaatkan kebudayaan Riau sendiri.

Pernyataan tersebut dikatakan Gubernur Riau, Syamsuar saat pelantikan Komisi Film Daerah Riau di Gedung Daerah Balai Serindit, Rabu malam 31 Maret 2021.

Dengan berkembangnya perfilman di Riau, tentunya ini sebut Syamsuar juga menjadi lokomotif kemajuan insan perfilman yang ada di Riau dan semakin dikenal di tingkat nasional maupun internasional.

"Harapan saya juga banyak insan perfileman dari Riau, mari kita manfaatkan jati diri (kebudayaan) yang ada di Riau ini," kata Syamsuar

Dan dengan dilantiknya Komisi Film Daerah Riau ini, ujar Syamsuar diharapkan menjadi jembatan insan perfilman nasional dan internasional berkolaborasi dengan anak Riau.

"Jangan heran nanti dari Malaysia datang ke sini (Riau, red), bisa main film di sini. Bisa juga nanti kita diajak main film dan banyak hal yang penting Pemerintah Daerahnya mendukung," ujarnya.

Syamsuar menyebutkan, karena sudah ada contoh adanya Komisi Film di Siak yang merupakan komisi film pertama di Riau, banyak dari perfilman luar ingin berkolaborasi dengan perfileman daerah.

"Artinya ini memang kenyataan, itu banyak dari Malaysia menawarkan diri, dari Jakarta juga dan dari tokoh-tokoh perfilaman nasional untuk berkolaborasi," demikian Syamsuar.**