Laporan Keuangan Pemprov Riau Tahun 2020 Opini WTP dari BPK, Syamsuar: Ini Motivasi untuk Kinerja Lebih Baik

Laporan Keuangan Pemprov Riau Tahun 2020 Opini WTP dari BPK, Syamsuar: Ini Motivasi untuk Kinerja Lebih Baik

30 April 2021
Gubernur Riau, Syamsuar

Gubernur Riau, Syamsuar

RIAU1.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau kembali menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah  Daerah (LKPD) Provinsi Riau Tahun Anggaran 2020.

Menanggapi capaian tersebut, Gubernur Riau, Syamsuat menuturkan, opini WTP yang diberikan oleh BPK RI bukan tujuan akhir dari pengelolaan keuangan daerah, namun hal ini menjadi indikator bahwa laporan keuangan Pemprov Riau yang dinilai oleh BPK dengan mendasarkan pada kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan berkecukupan dan kepatuhan terhadap perundang-undangan serta efektivitas sistem pengendalian internal.

"Adanya opini WTP ini dapat menjadi motivasi agar kinerja lebih baik lagi pada masing-masing OPD di lingkungan Pemprov Riau pada masa yang akan datang dan dapat meningkatkan kinerja berkaitan dengan laporan keuangan yang akuntabel," kata Syamsuar, Jum'at 30 April 2021. 

Dengan ini, Syamsuar berharap masing-masing OPD agar dengan apa yang diperoleh dapat memotivasi kinerja lebih baik dimasa akan datang

"Terima kasih kepada BPK RI khususnya perwakilan Riau yang telah melakukan pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah tahun 2020 hingga menghasilkan laporan sesuai dengan kondisinya," ujarnya.

Dia juga sampaikan apresiasi pada seluruh komponen yang bersinergi dalam membangun Provinsi Riau untuk menciptakan laporan keuangan daerah yang lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

"Semoga opini WTP yang diberikan oleh BPK dapat menjadi alat atau pendorong peningkatan dan memperbaiki kualitas kinerja keuangan bagi Pemerintah Riau di masa mendatang," demikian Syamsuar.