Bertemu Gubri Syamsuar, Direktur Jalan Kemenhub Klaim Aktivitas Terminal Turun Drastis

Bertemu Gubri Syamsuar, Direktur Jalan Kemenhub Klaim Aktivitas Terminal Turun Drastis

11 Mei 2021
Saat pertemuan

Saat pertemuan

RIAU1.COM - Tim Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI mengunjungi Gubernur Syamsuar, guna membahas monitoring penyediaan angkutan barang di Provinsi Riau.

Direktur Angkutan Jalan, Ahmad Yani dan Direktur Angkutan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Aca Mulyana mengatakan sesuai dengan instruksi menteri larangan penggunaan atau pengoperasian sarana transportasi untuk kegiatan mudik masih terlaksana, untuk dari tanggal 6-25 Mei 2021 mendatang, dan sudah ada dibagi menjadi empat tim.

"Kemarin sudah ada satu tim yang sudah selesai melakukan monitoring dan sudah jalan di beberapa lokasi dengan kondisi kondusif yang sesuai aturan," katanya, Senin 10 Mei 2021.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Riau, Andi Yanto mengatakan bahwa di terminal maupun pelabuhan telah mengalami penurunan drastis baik angka keberangkatan maupun kedatangan pemudik.

"Kami telah mengimbau pada setiap moda transformasi umum seperti terminal, bandara, pelabuhan telah ditetapkan Test Antigen," ujar Andi.

Sementara itu, Gubri Syamsuar menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan peninjauan di daerah pembatasan. Berdasarkan pengamatannya, banyak pemudik yang disuruh putar arah ke daerah asalnya. Pemberlakuan mudik ini bukan hanya untuk luar Provinsi Riau saja, tetapi juga di dalam provinsi Riau diperketat. 

Dan juga telah melakukan koordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Riau terkait larangan mudik di perbatasan.

"Provinsi Riau merupakan gerbang penghubung berbagai Provinsi. Jika kita buka pintu, Riau akan sulit untuk dikendalikan," tutur Syamsuar.**