Ini Kunci Cegah Karhutla di Riau Menurut Wakapolri

Ini Kunci Cegah Karhutla di Riau Menurut Wakapolri

20 Mei 2021
Ilustrasi karhutla

Ilustrasi karhutla

RIAU1.COM - Deteksi dini, menurut Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono menjadi poin penting dalam menghadapi musim kemarau agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan. 

"Karhutla yang terpenting adalah deteksi dininya, pencegahannya. Karena kalau api sudah besar tentunya sulit tapi kalau kita tahu dari awal titik api itu dan cepat kita matikan tentunya tidak meluas," kata wakapolri di Mapolda Riau, Kamis 20 Mei 2021.

Dia menambahkan, juga tidak kalah terpenting lagi dalam menghadapi musim kemarau yaitu membangun kesadaran kepada seluruh lapisan masyarakat supaya tidak membakar. 

"Kita harus membangun kesadaran seluruhnya baik itu masyarakat, pemilik lahan supaya tidak melakukan pembakaran karena pembakaran kecil bisa menyebar dan untuk itu kita lakukan langkah langkah lebih awal supaya tidak terjadi karhutla di Provinsi Riau," ujarnya.

"Kita juga sudah bersama sama melihat peralatan karhutla tadi dan banyak inovasi inovasi yang dilakukan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau untuk kita harus selalu siap siaga supaya bencana asap tidak terjadi lagi di Provinsi Riau," pungkasnya.***