Kasus COVID-19 Terus Melonjak Tinggi, Begini Saran dari Ahli Epidemiologi Riau

Kasus COVID-19 Terus Melonjak Tinggi, Begini Saran dari Ahli Epidemiologi Riau

27 Mei 2021
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Ahli Epidemiologi Riau, dr Wildan Asfan Hasibuan mengatakan, agar COVID-19 tidak terus meningkat di Riau bagi masyarakat hendaknya tetap melaksakan 5 M yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mencegah kerumunan, dan mengurangi mobilitas ke luar rumah.

"Bagi pemerintah harus tetap laksanakan 3T yakni Testing, Tracing kontak 15 orang per 1 kasus konfirmasi positif, dan Treatment serta Isolasi," kata dr Wildan. Kamis 27 Mei 2021.

Selain itu, lanjut dr Wildan, vaksinasi juga harus lebih gencar dilakukan terutama kepada kelompok lansia, karena mereka rentan menjadi kondisi berat bila tertular COVID-19. 

"Kemudian juga penegakan hukum yang konsisten dan bisa menimbulkan efek jera juga harus dilakukan,"ujarnya.

Dalam kesempatan itu, dr Wildan juga mencontohkan bahwa di DKI Jakarta, pihak RT melaporkan warganya yang mudik untuk ditest rapid test antigen ke Posko/ Satgas. Kalau ini bisa dilakukan di Riau menurutnya bagus sekali.

"Selain itu, keterlibatan TNI POLRI dalam pelacakan kontak erat dan pengamanan isolasi sangat membantu,"tuturnya.

Untuk diketahui angka kasus penambahan pasien positif COVID-19 di Riau masih tercatat tinggi. Rabu 26 Mei 2021 kemarin Riau menduduki posisi teratas penyabaran kasus Covid-19 yakni 739 kasus. (***)