Kajian Penggabungan SMA Olahraga dengan PPLP Riau Tuntas Tahun Ini

Kajian Penggabungan SMA Olahraga dengan PPLP Riau Tuntas Tahun Ini

28 Mei 2021
Kadispora, Boby Rachmat

Kadispora, Boby Rachmat

RIAU1.COM - Hasil kajian penggabungan SMA Olahraga dengan Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP) dijadwakan tahun ini selesai, dan bisa dijalankan segera.

Kadispora Riau, Boby Rahmad, mengatakan, wacana penggabungan SMA Olahraga dan PPLP Dispora Riau sudah dirancang pada tahun lalu. Bahkan, mulai tahun ini sudah dilakukan kajian, untuk menjadikan dua pembinaan olahraga di Provinsi Riau menjadi Sekolah Kejuruan Olahraga (SKO).

"Rencana kita, mau kita evalusi PPLP, karana mau ada rencana kita akan memadukan antara SMA Olahraga dan PPLP Riau. Jadi SMA olahraga ini kita usahakan bagaimana nanti sekolah kebakatan olahraga ini satu saja," kata Boby.

"Sekarang ini penyusunan untuk integrasi sudah jalan. Tinggal tim dari perumusnya menyusun tentang peleburan PPLP dan SMA Olahraga. Tim yang akan merekomendasi mana cabang olahraga yang masuk ke SKO," tambah dia.

Kemudian, sambung Boby, saat ini antara PPLP dan SMA Olahraga memiliki kesamaan cabang olahraga, dengan tujuan yang sama memperkuat tim Riau, dalam berbagai iven kejuaraan olahraga pelajar. 

"Dalam pembinaannya hingga saat ini memiliki dua pola pembinaan. Untuk itu perlu dilakukan persamaan pembinaan, agar seluruh siwa bisa merasakan pendidikan yang sama," ujarnya.

"Sekarang ini ada dua pola pembinaan, sama olahraga ada, PPLP ada, untuk itulah disatukan, ada peran Dispora dan Dinas Pendidikan. Sekarang ini saja 80 persen atlet PPLP sekolahnya di SMA Olahraga, berarti kan belum terintegrasi. Jadi dia satu tempat saja, mulai dari bangun pagi sekolah, proses belajar mengajar yang sama, sampai latihannya," demikian Boby Rachmat.***