Sekeliling Stadion Utama Riau Ditanami 458 Jenis Pohon dan Buah

Sekeliling Stadion Utama Riau Ditanami 458 Jenis Pohon dan Buah

6 Juni 2021
Saat penanaman

Saat penanaman

RIAU1.COM - Program penghijauan dilakukan dikawasan Stadion Utama Riau dengan ditanami berbagai jenis pohon, termasuk buah-buahan. 

Ada 458 jenis tanaman dan buah-buahan yang ditanam. Mulai dari ketapang kencana ditanam di median disepanjang jalan masuk kawasan stadion. Sementara untuk jenis trembesi, ditanam di jalur kiri kanan bahu jalan. 

"Ini guna mendukung program Riau Hijau yang digagas pak Gubernur Riau. Kita ingin, kondisi kawasan stadion bisa tampak nyaman dan asri," kata Kepala DLHK Riau, Mamun Murod yang hadir pada kesempatan tersebut.

Sedangkan untuk kawasan stadion ditanami berbagai jenis tanaman buah-buahan. Ada lengkeng, manggis, nangka, cempedak. Jenis buah-buahannya ditanam dikelompokan. Sehingga, tampak terlihat tertata dan bisa dimanfaatkan nantinya. 

Ratusan jenis tanaman itu, sebut dia berasal dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perbenihan Tanaman Hutan DLHK Riau, di Desa Kepau Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Jumlah 458 bibit tanaman dan buah-buahan tersebut, akan kembali ditambah untuk ditanami di kawasan sekitaran kawasan stadion. 

Seperti diketahui, di sekitaran kawasan stadion ada lahan masyarakat yang dulu sempat berstatus sengketa dengan pemerintah. Namun, karena kondisi semak belukar, direncanakan akan dibersihkan dan ditanami pohon trembesi agar terlihat lebih indah.

"Kami mengusulkan ke Gubernur, Inikan sengketa, kita jajaki (dengan pemilik lahan). Kalau bisa dilakukan pembersihan kawasan, sehingga tampak terpihara. Orang juga akan lebih nyaman saat berada di sini," tutur Murod.***