Tuding Pemilihan ketua FKUB Riau Ilegal, PKB Semprot Ketua MUI Riau Ilyas Husti

Tuding Pemilihan ketua FKUB Riau Ilegal, PKB Semprot Ketua MUI Riau Ilyas Husti

9 Juni 2021
Ade Agus Hartanto

Ade Agus Hartanto

RIAU1.COM -Ketua komisi I DPRD Riau Ade Agus Hartanto mengkritik penyataan Ketua MUI Riau Ilyas Husti yang menuding Pemilihan ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang difasilitasi oleh wagubri Edy Natar Nasution pada Selasa malam kemarin Ilegal.

"Saya rasa ketua MUI yang profesor harus banyak membaca lagi soal aturan, Karna saya melihat prosesnya sudah berjalan dengan baik. Sudah mengambil keputusan dan sudah menetapkan orang untuk FKUB,"kata Ade di DPRD Riau. Rabu 9 Juni 2021.

Ade mengaku percaya apa yang diputuskan pemerintah dalam memutuskan calon ketua FKUB Riau tersebut.

Ditanya apakah dirinya mendukung hasil keputusan pemilihan ketua FKUB Riau Selasa malam yang hasilnya KH Abdurrahman Qoharuddin terpilih sebagai ketua.

"Kita mengakui kepengurusan FKUB karna itu aturannya dan bukan gawenya MUI, karna leadingnya Kemenag Riau, Kesra, Kesbangpol dan orang-orang nya sudah ditentukan dari mana saja dan MUI Bagian dari unsur dan bukan pemilik dari organisasi tersebut. Jadi jangan salah kaprah,"jelasnya.

Tapi yang jelas lanjut Politisi PKB ini bahwa forum FKUB ini forum yang baik bagi kerukunan umat beragama dan soal MUI bilang ilegal tentu ketua MUI ini harus dikritik.

Ade juga meminta ketua MUI Riau tersebut melakukan proses tabayun soal FKUB ini. Serta tunjukkan bahwa ulama-ulama ini yang bisa menjadi panutan. 

"Dan yang bilang bikin gaduh jangan-jangan mereka yang buat gaduh. Dan Pemilihan ketua  MUI Ilyas husti kemarin juga bikin gaduh dan jika sudah selesai ya selesai,"bebernya.

Soal adanya desakan Pemilihan ulang menurut Ade masalah ini sudah selesai dengan aturan yang sudah ada.