Pekan Depan Riau Terima 15 Ribu Vaksin Sinopharm

Pekan Depan Riau Terima 15 Ribu Vaksin Sinopharm

19 Juni 2021
Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir

Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir

RIAU1.COM - Riau berkemungkinan kembali mendapat tambahan kiriman vaksin sinopharm sebanyak 15 ribu dosis, dalam pekan depan. Pengiriman vaksin dari pusat ini seiring dengan adanya beberapa daerah di Riau yang sudah melaporkan kekurangan stok vaksin.

"Kita masih menunggu, kemungkinan pada Senin pekan depan akan ada lagi tambahan kiriman vaksin untuk Riau. Beberapa daerah di Riau juga sudah kehabisan stok. Makanya vaksin - vaksin yang sudah kita terima akan langsung kami distribusikan ke daerah," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir akhir pekan ini.

Sejauh ini, sebut dia, realisasi jumlah vaksin covid-19 yang sudah diterima Riau, sejak pertama program vaksinasi dijalankan, yakni 895.680 dosis vaksin. Dengan rincian 891.080 dosis vaksin Sinovac, 2800 dosis vaksin sinopharm dan 1800 dosis vaksin astrazeneca.

Mimi juga meminta kepada pemerintah kabupaten/kota di Riau agar sesegera mungkin mengajukan permohonan permintaan vaksin ke Provinsi Riau sesuai dengan kebutuhan.

"Artinya jangan menunggu habis dulu. Sekira jumlahnya sudah tidak memungkinkan segera minta ke Provinsi," ujar Mimi.

Hal yang sama juga disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi. Dia meminta kepada pemkab/kota untuk bergerak lebih cepat, terutama dalam upaya mempercepat realisasi capaian vaksinasi.

"Kalau kendalanya stok, tolong cepat ajukan permohonan ke provinsi. Karena memang prosedurnya begitu," tuturnya.