Antisipasi Penularan Covid-19 Jenis Baru Masuk Riau, DPRD Minta Pemerintah Batasi Kunjungan ke Jawa

Antisipasi Penularan Covid-19 Jenis Baru Masuk Riau, DPRD Minta Pemerintah Batasi Kunjungan ke Jawa

25 Juni 2021
Eddy Yatim

Eddy Yatim

RIAU1.COM - Ketua komisi IV DPRD Riau Eddy M Mohd Yatim meminta kepada warga Riau agar membatasi kunjungan ke Jawa. Hal ini diminta melihat peningkatan kasus Positif Covid-19 di Pulau Jawa dalam kurun waktu beberapa hari terakhir, terutama di Jakarta. 

"Hal itu perlu dilakukan karena sangat beresiko kasus yang meledak di pulau Jawa bisa menular ke Riau dan menyebabkan kasus kembali tinggi di Riau, apalagi adanya virus corona jenis baru muncul di Jawa,"katanya. Jumat 25 Juni 2021.

Selain itu pihaknya juga meminta Pemprov Riau menyurati GM Angkasa Pura II Pekanbaru, untuk melakukan tes antigen setiap orang dari Jawa yang masuk ke Riau melalui Bandara SSK II Pekanbaru, karena adanya kasus virus corona baru di Jawa.

Karena bagaimanapun juga menurut Edy, upaya pencegahan atau preventif lebih baik dilakukan daripada terjadi pembludakan kasus lagi di Riau seperti sebelumnya.

Kemudian bila diperlukan juga, diaktifkan secara serius pemeriksaan di pintu masuk Riau dari pulau Jawa, terutama di Bandara SSK II, bahkan bila perlu ada swab langsung bagi pendatang dari pulau Jawa.

"Kita juga berharap agar Pemerintah Provinsi Riau dalam hal ini Gubernur Riau Syamsuar untuk membuat imbauan agar ada pembatasan bepergian ke pulau Jawa,"pintanya.