BMKG Temukan Tiga Titik Panas di Riau, Mardianto Manan: Pemerintah Harus Waspada

BMKG Temukan Tiga Titik Panas di Riau, Mardianto Manan: Pemerintah Harus Waspada

6 Juli 2021
Foto (net)

Foto (net)

RIAU1.COM -Anggota komisi IV DPRD Riau, Mardianto Manan mengingatkan pemerintah Riau untuk mengantisipasi kemungkinan kebakaran hutan di Riau. Hal ini diminta lantaran hari ini ditemukan tiga titik panas di Riau 

"Kita harap pemerintah lebih mewaspadai kejadian-kejadian itu. Karena ini rutin hampir terjadi setiap tahun, perlu persiapan oleh pemerintah, oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),"kata Mardianto, Selasa, 6 Juli 2021.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru mencatat tiga titik panas itu terpantau di dua daerah yakni yakni Kabupaten Rokan Hulu 2 titik dan Kuantan Singingi 1 titik.

Untuk itu Ia mengingatkan, selain pemerintah, kerjasama dan komitmen seluruh pihak mutlak dibutuhkan untuk mencegah musibah tahunan tersebut.

"Kerjasama dengan simpul-simpul seperti masyarakat peduli api yang setiap desa ada, diaktifkan itu. Selain itu perusahaan mempunyai lahan luas itu juga diajak terlibat untuk terlibat di pencegahan api itu,"ujarnya.

Menurutnya hal ini harus dimaksimalkan sebelum kebakaran terjadi yang berimplikasi pada peningkatan anggaran untuk mengatasinya.

"Kalau itu menggunakan anggaran besar akan berpengaruh, water bombing atau rekayasa hujan misalnya akan sulit dilakukan. Pencegahan itu yang utama,"cetusnya.

Selain itu, langkah preventif juga perlu ditegaskan dengan mengingatkan masyarakat dan perusahaan untuk tak memulai aktivitas kebakaran yang berpotensi membesar di musim kemarau.

"Jangan main-main dengan api, siapa yang ketahuan akan diberikan sanksi. Ini harus disampaikan dan ditegaskan pemerintah," tutupnya.