Robin Tanggapi Soal Penyataan Disdik Riau Soal Siswa yang Tak Lulus Mendaftar ke Swasta

Robin Tanggapi Soal Penyataan Disdik Riau Soal Siswa yang Tak Lulus Mendaftar ke Swasta

8 Juli 2021
Robin Hutagalung

Robin Hutagalung

RIAU1.COM -Anggota DPRD Riau dapil Pekanbaru Robin Hutagalung menanggapi pernyataan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Zul Ikram yang menyebutkan bahwa siswa yang tak lolos di Sekolah Negeri mendaftar ke Swasta.

Menurut Robin solusi yang disampaikan Kadisdik Riau tersebut belum bisa dijalan dalam kondisi ekonomi lemah saat ini. Dimana saat ini banyak sektor ekonomi masyarakat yang lesu bahkan gulung tikar akibat covid-19. Alhasil jika orang tua siswa yang kurang mampu dipaksa mendaftar ke Swasta tentu akan memberatkan mereka.

Maka dari itu Robin meminta pemerintah bisa mencarikan solusi lainnya.

"Jangan sampai warga kita tidak sekolah akibat dari peraturan yang menghadang mereka sementara mereka tidak mampu di swasta,"kata Robin di DPRD Riau. Kamis 8 Juli 2021.

Memang dari awal penerimaan peserta didik baru (PPDB) dirinya mendorong pemerintah agar memperhatikan khusus pada jalur apermasi atau ketidakmampuan orang tua siswa pada sekolah swasta. Karna saat ini masih banyak orang yang tidak mampu sekolah di swasta lantaran mahal.

"Dalam penerimaan PPDB ini saya juga meminta jalur zonasi diharapkan sekolah mengontrol syarat-syaratnya jangan sampai merekayasa masuk zonasi padahal tidak tinggal disitu,"ujarnya.

Selain itu tambahnya untuk masyarakat diperbatasan politisi PDIP ini meminta pemerintah harus bisa mengakomodir yang tidak berada di jalur zonasi tersebut.