Husaimi Sarankan Pemrov Riau Buat BUMD Baru untuk Kelola Blok Rokan

Husaimi Sarankan Pemrov Riau Buat BUMD Baru untuk Kelola Blok Rokan

10 Juli 2021
Husaimi Hamidi

Husaimi Hamidi

RIAU1.COM -Ketua Komisi III DPRD Riau Husaimi Hamidi menyarankan pemerintah Riau segera membuat BUMD baru bersama dengan kabupaten dan kota yang mempunyai hamparan minyaknya. 

Menurutnya dengan dibentuknya BUMD baru ini dapat mempermudah pembagian deviden antara daerah kabupaten dan kota. Demikian disampaikan Husaimi terkait adanya polemik dari beberapa daerah yang ngotok memajukan BUMD nya untuk mengelola blok Rokan yang akan transisi pada bulan Agustus besok.  Seperti Siak melalui Bumi Siak Pusako (BSP) Dan Riau melalui Riau Petrolium.

"Supaya tidak ada ribut-ribut, kita minta Pemrov Riau harus buat BUMD baru bersama dengan kabupaten dan kota yang ada hamparan minyaknya. Dengan pemegang sahamnya Riau dan daerah  tersebut. Sehingga juga mudah menghitung devidennya antara hamparan minyaknya dan jumlah sahamnya,"kata Husaimi. Sabtu 10 Juni 2021.

BUMD baru ini tambahnya lagi, nantinya tidak hanya bagi daerah yang punya hamparan minyaknya, tapi kabupaten dan kota lainnya juga butuh BUMD ini. Sebab jika kabupaten dan kota melalui BUMD nya devidennya kecil masuk ke provinsi.

"Jadi dengan sudah dibentuk BUMD ini akan menjadi pengendali nantinya. Dan kalau mau serius perda ini bisa selesai 15 hari. Seperti saya bisa menyelesaikan perda Embarkasi haji tapi maraton kerjanya. Jadi tergantung keseriusan kita,"ujarnya.

Seperti diketahui jelang transisi pengelolaan blok rokan dari Chevron ke Pertamina pemerintah Riau beberapa daerah ngotot ingin ikut ambil bagian seperti Siak ikut ambil bagian dalam kelola blok rokan tersebut dengan BUMDnya BSP.