Sempat Dikhawatirkan Batal, 1.621 Unit Rumah Layak Huni Akhirnya Bisa Dibangun Tahun Ini

Sempat Dikhawatirkan Batal, 1.621 Unit Rumah Layak Huni Akhirnya Bisa Dibangun Tahun Ini

12 Juli 2021
Parisman Ihwan

Parisman Ihwan

RIAU1.COM - Ketua Komisi IV DPRD Riau Parisman Ihwan mengatakan bantuan  rumah layak huni tahun ini sudah bisa direalisasikan untuk masyarakat Riau walaupun sempat dikhawatirkan batal.

"Dari hasil pertemuan dengan Sekdaprov Riau, tidak ada masalah. Tahun ini tetap terlaksana sebanyak 1.621 unit rumah layak huni. Bukan rumah rehab, tapi harus rumah layak huni, sesuai anggaran yang telah kita sediakan," kata Parisman di DPRD Riau. Senin 12 Juli 2021.

Politisi Golkar ini mengatakan, bantuan rumah layak huni ini tersebar di 12 kabupaten/kota. Dengan anggaran untuk setiap rumah berbeda untuk setiap daerah, yang berkisar dari Rp60 hingga Rp70 juta.

"Kalau rehab, itu mungkin Rp20 juta. Tapi kalau rumah layak huni, jadi pembangunan total. Anggarannya bervariasi, ada Rp60 juta, Rp65 juta, Rp70 juta, tergantung daerah. Di Indragiri Hilir Rp70 juta,"terangnya.

Ditambahkannya untuk verifikasi penerimaan bantuan rumah layak huni sendiri, Politisi Golkar ini mengatakan sudah siapa-siapa orang yang layak menerimanya.

"Sudah terdaftar, verifikasi sudah dilakukan, sudah survei ke titik-titik yang telah ditentukan. Dan memang, (rumah penerima bantuan) sudah layak diganti dari rumah tak layak huni menjadi rumah layak huni,"terangnya.

Dalam dari itu katanya, memasuki semester ke 2, realisasi program Rumah Layak Huni (RLH) masih 0 persen atau belum bergerak sama sekali. Alhasil para wakil rakyat khawatir karna bisa jadi gagal. Padahal, program ini sudah sangat dinantikan calon penerima.