Masyarakat Diminta Selektif Menerima Informasi Hoax Penanganan Covid-19

Masyarakat Diminta Selektif Menerima Informasi Hoax Penanganan Covid-19

13 Juli 2021
Makarius Anwar

Makarius Anwar

RIAU1.COM - Anggota DPRD Riau dari komisi I DPRD Riau Makarius Anwar merasa prihatin banyaknya penyebaran informasi hoax yang sangat masif terkait penanganan covid-19 saat ini. 

Seperti yang terjadi belakangan ini banyak yang terang-terangan meragukan hingga menyepelekan vaksinasi covid-19.

"Kita menghimbau ke masyarakat agar selektif menerima informasi hoax soal penanganan covid-19,"kata Makarius. Selasa 13 Juli 2021.

Politisi PKS ini juga meminta Pemerintah untuk proaktif mensosialisasikan vaksinasi covid-19 ini terkait keamanan dan efektivitasnya yang selama ini menjadi persoalan. 

"Para penegak hukum juga kita minta ketegasannya, khususnya terkait hoax yang berhubungan dengan pandemi ini. Kalau yang lain mungkin masih bisa dinasehati, tapi kalau terkait Covid-19 ini memang harus ekstra. Harus ada ketegasan lah,"tegasnya.

Apalagi tambahnya bagi masyarakat yang kurang berpendidikan yang gampang menerima dan menyebarkan hoax tentu diperlukan sosialisasi pemahaman dari pemerintah terkait hal tersebut.

Sementara berdasarkan data Kementrian Komunikasi dan Informatika (Keminfo) menemukan sebanyak 1.470 informasi hoax terkait Covid-19.

Isu hoax tersebut tersebar sebanyak 2.697 di media sosial, paling banyak di platform Facebook dan Twitter.

"Total isu hoax terkait COVID-19 sebanyak 1.470 berdasarkan data per 10 Maret,"Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengutip Antara.